Berdarah Eropa, 6 Pemain Ini Pernah Berkostum Persela Lamongan

Kiprah mereka singkat tapi cemerlang

Persela Lamongan dikenal sebagai klub yang kerap mengorbitkan pemain asing. Tak sedikit pemain asing yang punya kiprah bagus di Indonesia memulai petualangannya di Indonesia dari Persela. Meski jarang, Persela terhitung punya beberapa pemain top asal Eropa. Setidaknya, ada enam pemain Benua Biru yang pernah berkiprah di Persela. Mereka hadir dalam rentang waktu 2011—2018. Berikut daftar selengkapnya.

1. Loris Arnaud

Berdarah Eropa, 6 Pemain Ini Pernah Berkostum Persela LamonganLoris Arnaud (instagram.com/lorisarnaud78)

Loris Arnaud menjadi pemain Eropa paling baru yang pernah memperkuat Persela Lamongan. Pemain berdarah Prancis ini berkiprah di Indonesia pada musim 2017/2018. Loris yang didatangkan dari Liga Vietnam ini mampu menjadi striker andalan Persela saat itu.

Menilik kiprahnya, Loris Arnaud bermain impresif pada musim debut di Persela. Eks striker Paris Saint Germain ini membukukan statistik 15 gol dalam 29 laga di kompetisi 2017/2018. Sayang, kebersamaan Arnaud dengan Persela hanya bertahan selama 1 musim. Ia selanjutnya hijrah ke klub lain pada 2018/2019.

2. Jose Coelho

Berdarah Eropa, 6 Pemain Ini Pernah Berkostum Persela LamonganJose Coelho (goal.com/Abi Yazid)

Persela Lamongan pernah memakai jasa Jose Manuel Barbosa Alves alias Jose Coelho pada musim 2016/2017. Mereka mengandalkan pemain berpaspor Portugal itu pada era kompetisi setiap klub bisa merekrut satu marquee player. Dengan arti lain, bintang dunia yang memiliki gaji lebih tinggi dari pemain lain. Entah, itu berstatus bintang maupun tidak.

Di kompetisi 2016/2017, Jose Coelho berkontribusi sebagai playmaker utama Persela. Eks pemain Benfica dan Porto ini sendiri menjalankan perannya dengan baik pada musim debutnya kala itu. Secara statistik, Coelho tampil dalam 32 pertandingan dengan 4 gol bagi Persela. 

3. Kristian Adelmund

Berdarah Eropa, 6 Pemain Ini Pernah Berkostum Persela LamonganKristian Adelmund (goal.com/Abi Yazid)

Di urutan ketiga, ada Kristian Adelmund sebagai pemain Eropa yang pernah membela Persela Lamongan. Pemain asal Belanda kelahiran 1 Februari 1987 ini sempat berkostum Persela pada musim 2015/2016. Ia jadi salah satu palang pintu tangguh Laskar Joko Tingkir.

Kristian Adelmund diandalkan sebagai bek tengah di Persela. Sayangnya, bek setinggi 193 cm ini tak mendapatkan nasib yang baik pada musim pertama di Lamongan. Performa Adelmund tak berkembang dengan catatan 12 laga dalam 1.080 menit tampil. Ia hanya bermain setengah musim di Persela pada 2015/2016.

Baca Juga: Daftar Pemain Naturalisasi yang Berseragam Persela Lamongan

4. Balsa Bozovic

Berdarah Eropa, 6 Pemain Ini Pernah Berkostum Persela LamonganBalsa Bozovic (twitter.com/balsa_bozovic10)

Balsa Bozovic adalah pemain yang berasal dari salah satu negara di Benua Eropa Tenggara, Montenegro. Pria berusia 36 tahun ini andal sebagai gelandang tengah saat masih aktif bermain. Namun, ia kini sudah memutuskan pensiun sejak 2018.

Balsa Bozovic jadi salah satu pemain Eropa yang pernah membela Persela Lamongan. Itu terjadi di kompetisi musim 2014/2015. Sang pemain jadi salah satu penggawa asing Persela dengan David Pabe (Kamerun) dan Pedro Velazquez (Paraguay) ketika itu.

5. Srdan Lopicic

Berdarah Eropa, 6 Pemain Ini Pernah Berkostum Persela LamonganSrdan Lopicic saat bermain bersama Persib Bandung. IDN Times/Galih Persiana

Persela Lamongan juga mengikat kontrak playmaker asal Montenegro pada musim 2013/2014. Ia adalah Srdan Lopicic. Pemain yang sudah malang melintang membela klub-klub besar Indonesia, seperti Arema FC, Borneo FC, dan Persib Bandung.

Srdan Lopicic sendiri bermain lumayan ciamik saat memperkuat Persela. Di kompetisi 2013/2014, ia mengemas 7 gol dari 24 penampilan. Lopicic jadi salah satu mesin gol bersama striker asing Persela kala itu, Addison Alves.

6. Roman Golian

Berdarah Eropa, 6 Pemain Ini Pernah Berkostum Persela LamonganGustavo Lopez dan Roman Golian (twitter.com/romangolian15)

Roman Golian menempati urutan terakhir sebagai pemain Eropa dalam sejarah Persela Lamongan. Pemain asal Slowakia ini bisa dibilang sebagai pemain yang berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, ia jadi pemain paling lama ketika membela Persela. 

Tercatat, Roman Golian menghabiskan karier di Persela kurun waktu 4 tahun, sejak 2011—2014. Ia menjadi pemain andalan di sektor bek tengah selama itu. Roman sendiri membukukan statistik 88 penampilan dengan 9 gol secara keseluruhan saat berkarier di Lamongan.

 

Itulah deretan pemain Eropa yang pernah memperkuat Persela Lamongan sepanjang sejarah. Disimpulkan jika mereka dominan memberikan yang terbaik bagi Persela sementara beberapa di antaranya tidak. Seperti apa menurutmu? Apakah masih ada yang kamu ingat para penggemar Persela?

Baca Juga: Persela Lamongan Lepas Gelandang Asal Chile Matt Lagos

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya