Schwarzer Terbaru, Ini 4 Kiper Asing yang Pernah Dimiliki Arema FC

Ada kiper dari Benua Eropa, Amerika, dan Asia

Arema FC bisa dikatakan sebagai salah satu klub penggagas kiper asing di Indonesia. Bagaimana tidak, hal ini karena mereka kerap memakai jasa kiper dari luar negeri. Dalam 3 musim terakhir, Singo Edan telah membuktikannya.

Arema sempat menjalin kerja dengan kiper asal Brasil, Adilson Maringa, pada 2021—2023. Serta paling baru merekrut kiper asal Filipina, Julian Schwarzer, pada 2023/2024. keberadaan mereka menambah deretan kiper asing yang pernah membela Arema sepanjang sejarah.

Ada setidaknya empat kiper asing yang pernah dimiliki Arema FC. Untuk selengkapnya, coba simak daftarnya di bawah ini.

1. Deniss Romanovs

Schwarzer Terbaru, Ini 4 Kiper Asing yang Pernah Dimiliki Arema FCDeniss Romanovs (football-tribe.com)

Deniss Romanovs adalah kiper asing yang pertama kali membela Arema FC. Tercatat, kiper asal Latvia itu sempat membela Singo Edan selama 1 musim, tepatnya pada musim 2011/2012.

Deniss Romanovs sendiri memperkuat Arema saat masih bernama Arema Indonesia. Kala itu, mereka sedang berkompetisi di Indonesian Premier League (IPL) 2011/2012. Sayangnya, performa Romanovs saat itu jauh di bawah harapan.

2. Srdan Ostojic

Schwarzer Terbaru, Ini 4 Kiper Asing yang Pernah Dimiliki Arema FCSrdan Ostojic (instagram.com/ongisnade.net)

Arema FC pernah mendatangkan kiper dengan postur badan tinggi asal Serbia. Ia adalah Srdan Ostojic, kiper berusia 40 tahun yang memiliki tinggi badan mencapai 193 cm.

Arema mengandalkan Srdan Ostojic, tepatnya pada 2018/2019. Sayangnya, kebersamaan mereka tak berlangsung lama. Ostojic dilepas Arema setelah tampil biasa saja pada akhir musim. Diketahui, sang kiper hanya membukukan statistik 1 clean sheets dan 7 kebobolan dalam 4 laga ketika membela Arema.

3. Adilson Maringa

Schwarzer Terbaru, Ini 4 Kiper Asing yang Pernah Dimiliki Arema FCAdilson Maringa (instagram.com/aremafcofficial)

Adilson Maringa bisa dibilang sebagai kiper asing paling sukses yang pernah direkrut Arema FC. Pasalnya, selama 2 musim membela, Singo Edan sempat mendulang prestasi bersama kiper asal Brasil itu.

Adilson Maringa berjasa besar ketika Arema menjuarai Piala Presiden 2021/2022. Bukan tanpa alasan, ini karena ia selalu jadi kiper utama Singo Edan dengan catatan 5 clean sheets dari 7 penampilan dalam ajang itu.

Karena tampil menjanjikan, Arema lantas menambah durasi kontrak Maringa pada 2022/2023. Sayangnya, performanya menurun musim itu. Singo Edan akhirnya mengakhiri kerja sama dengannya pada 2023/2024.

Baca Juga: Dipukul Telak Bali United, Pelatih dan Pemain Arema FC siap Dievaluasi

4. Julian Schwarzer

Schwarzer Terbaru, Ini 4 Kiper Asing yang Pernah Dimiliki Arema FCJulian Schwarzer (dok. instagram/aremafcofficial)

Setelah melepas Adilson Maringa, Arema lagi-lagi mendatangkan kiper asing pada musim selanjutnya. Kali ini Singo Edan merekrut kiper asal Filipina berdarah Australia, Julian Schwarzer, pada 2023/2024.

Julian Schwarzer sendiri memiliki garis keturunan yang cukup dikenal. Pasalnya, kiper muda 23 tahun itu merupakan anak dari Mark Schwarzer. Kiper yang pernah membela klub Inggris, seperti Chelsea, Fulham, dan Leicester City.

Hanya saja, kiprah Julian Schwarzer bersama Arema masih belum diketahui saat ini. Ini karena ia datang saat kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024 baru dimulai. Apakah performa Julian Schwarzer akan meningkat nantinya? Atau justru sebaliknya?

Itulah deretan empat kiper asing yang pernah dimiliki Arema FC sepanjang sejarah. Seperti apa menurutmu? Apakah masih ada yang kamu ingat beberapa dari mereka?

Baca Juga: Profil Kiper Arema FC Julian Schwarzer, Anak Eks Kiper Chelsea

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya