Masih di Zona Degradasi, Arema FC Gelar Latihan Lebih Awal

Latihan ini demi jaga kebugaran pemain

Malang, IDN Times - Arema FC tidak bisa tenang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, pasalnya mereka masoh terjerembab di zona degradasi. Mereka masih tertahan di peringkat 16 dengan koleksi 21 poin dari 23 pertandingan.

Posisi ini tentu saja tidak ingin dilanjutkan pada 2024. Pelatih Arema FC, Fernando Valente menjanjikan akan ada perubahan signifikan pada 2024.

1. Asisten Pelatih Arema FC mengajak pemain-pemainnya berlatih lebih awal

Masih di Zona Degradasi, Arema FC Gelar Latihan Lebih AwalAsisten Pelatih Arema FC, Kuncoro. (Dok. Media Officer Arema FC)

Arema FC sebenarnya meliburkan timnya selama 3 Minggu usai dikalahkan Barito Putera pada Minggu (17/12/2023). Mereka kemudian memasuki jeda kompetisi selama 1,5 bulan dan baru akan berlaga kembali pada 5 Februari 2024.

Namun, Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro mengajak pemain-pemain Arema FC untuk berlatih lebih awal. Ia mengajak pemain-pemain yang masih ada di Malang untuk memulai latihan kembali. Sebelum latihan resmi akan dilanjutkan pada 9 Januari 2023.

"Latihan ini sifatnya tidak wajib dan ringan saja. Karena tujuannya untuk menjaga kebugaran," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (29/12/2023).

Baca Juga: Arkhan Fikri jadi Langganan Timnas, Arema FC Girang

2. Kuncoro mengatakan jika jadwalnya nanti akan fleksibel

Masih di Zona Degradasi, Arema FC Gelar Latihan Lebih AwalArema FC saat pemusatan latihan di Yogyakarta. (Dok Media Officer Arema FC)

Kuncoro belum memastikan kapan latihan tersebut akan dimulai, tapi ia memastikan jika jadwal latihannya fleksibel. Tapi ia mengatakan jika saat ini para pemain harus beristirahat untuk memulihkan stamina dan mentalnya lagi. Jadi latihan tambahan tersebut tidak akan menganggu pemulihan para pemain.

"Kita lakukan latihan setelah pemain-pemain lebih segar. Sekarang recovery dulu, jangan pikirin dunia sepakbola dulu, fokus dengan keluarga masing-masing saja," paparnya.

Arema FC memang membutuhkan persiapan yang lebih matang memasuki 2024 ini. Pasalnya mereka hanya menyisakan 11 pertandingan lagi untuk mengusahakan posisi lepas dari zona degradasi, tapi mereka terpaut 4 poin dari Persis Solo di peringkat 15 dan terpaut 5 poin dari Persita Tangerang di peringkat 14.

3. Sebagian besar pemain dan pelatih asing Arema FC pulang ke negaranya masing-masing

Masih di Zona Degradasi, Arema FC Gelar Latihan Lebih AwalPelatih Arema FC, Fernando Valente. (Dok. Media Officer Arema FC)

Libur 3 Minggu dimanfaatkan oleh pelatih dan pemain asing Arema FC untuk pulang ke negaranya masing-masing. Fernando Valente pulang je Portugal, Julian Schwarzer ke Filipina, Julian Guevara ke Kolombia, Ariel Lucero kembali ke Argentina, Charles Lokolingoy ke Australia, dan Gilbert Alvarez ke Bolivia.

Ini dilakukan agar mental para pemain bisa kembali dengan bertemu keluarganya masing-masing. Sehingga mereka bisa lebih fresh saat memasuki kompetisi pada 2024.

Namun, Charles Raphael tidak pulang ke Brazil pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Ia justru memboyong keluarganya ke Malang untuk menikmati liburan tahun baru untuk pertama kalinya di Indonesia.

Baca Juga: Performa Menurun, Arema FC Tunggu Kebangkitan 4 Pemain Ini

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya