Jamu Bali United, Pelatih Arema FC: Ini Home Rasa Away

Pemain asing Singo Edan masih diragukan tampil

Malang, IDN Times - Arema FC akan menjalani pekan ke-4 Liga 1 Musim 2023/2024 pada Jumat (21/07/2023) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Laga ini akan berjalan panas karena kedua tim akan sama-sama mengincar kemenangan, Arema FC yang berambisi mendapat kemenangan perdana dan Bali United yang ingin melanjutkan tren positif usai menumbangkan Madura United dengan skor 2-1.

Motivasi kedua tim juga berlipat ganda demi memperbaiki posisi di klasemen Liga 1. Kedua tim sama-sama tercecer di papan bawah. Arema FC kini masih di peringkat 17 atau zona degradasi dengan hanya mengoleksi 1 poin, sementara Bali United di peringkat 15 dengan perolehan 3 poin.

Baca Juga: 'Derby Bali' Arema FC vs Bali United, Siapa Unggul?

1. Arema tidak diuntungkan meskipun bermain home, karena laga digelar di Bali

Jamu Bali United, Pelatih Arema FC: Ini Home Rasa AwayPemain Arema FC saat melakukan sesi latihan. (Dok. Media Officer Arema FC)

Meskipun Arema FC bertindak sebagai tuan rumah, renovasi Stadion Gajayana Malang yang molor membuat mereka terpaksa mengungsi ke Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali karena tak memiliki homebase. Kondisi ini menguntungkan Bali United yang merupakan tim tamu. Pelatih Arema FC, Joko 'Gethuk' Susilo tidak menampik beban ini.

"Home rasa away, sering kita mengalami seperti ini. Jadi kita tidak ada alasan lagi, kita sudah terbiasa. Kita anggap saja netral," terangnya saat konferensi pers pre-match laga Arema FC melawan Bali United pada Kamis (20/07/2023).

Meskipun demikian, hal ini tidak membuat Arema FC patah arah. Mereka tetap membuat persiapan sematang mungkin untuk menghadapi Serdadu Tridatu. Mereka akan menghadapi Bali United untuk bisa memaksimalkan poin di kandang.

"Persiapan Arema FC lancar, meskipun ada beberapa pemain yang akan absen. Tapi itu normal saya pikir," tegasnya.

2. Pemain asing Arema FC masih meragukan bisa tampil atau tidak

Jamu Bali United, Pelatih Arema FC: Ini Home Rasa AwayStriker Arema FC, Gustavo Almeida saat pertandingan melawan Persik Kediri. (Dok Media Officer Arema FC)

Gethuk juga mengungkapkan kalau kondisi para pemain asingnya masih meragukan. Ia tidak yakin apakah mereka semua bisa dimainkan atau tidak besok. Hal ini disebabkan seluruh pemain asing Singo Edan mengalami cedera usai menghadapi Persik Kediri pekan lalu. Pelatih 52 tahun ini mengatakan baru bisa membuat keputusan besok pagi terkait siapa saja yang bisa tampil.

"Karena ini adalah internal kami, sehinga tidak bisa menyampaikan sebelum hari H pertandingan. Karena ini juga untuk menjaga mental pemain kami. Jadi besok pagi kita akan melihat update terakhir kondisi mereka, siapa saja yang bisa bermain atau siapa saja yang tidak bisa bermain," ujarnya.

Ketika disinggung terkait kiper baru mereka, Julian Schwarzer Garcia, Gethuk juga belum bisa memberikan kepastian. Pasalnya ia baru akam bergabung dengan latihan Singo Edan nanti malam. jadi ia harus melihat duku kondisinya memungkinkan atau tidak.

"Kiper asing belum bisa kita pastikan akan main atau tidak. Karena baru akan latihan nanti malam, jadi kita tunggu sampai gabung latihan," jelasnya.

3. Gethuk mengatakan kalau Bali United tengah dalam kepercayaan tinggi

Jamu Bali United, Pelatih Arema FC: Ini Home Rasa AwayPemain Arema FC saat melakukan sesi latihan. (Dok. Media Officer Arema FC)

Bali United pada 2 laga awal Liga 1 mengalami 2 kekalahan beruntun, membuat mereka terpuruk. Tapi pekan lalu mereka berhasil bangkit dengan menekuk Madura United. Melihat kondisi itu, Gethuk menilai kalau Bali United dalam kepercayaan diri tinggi saat menghadapi Arema FC.

Mantan pelatih Persik Kediri ini melihat tim Bali United sejak tahun-tahun sebelumnya sudah dikenal sebagai tim yang tangguh dan selalu berada di papan atas Liga 1. Oleh karena itu, tim yang dilatih Stefano Cugurra tidak bisa dianggap remeh.

"Kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan. Tentu kita harus bekerja keras dan kompak untuk mengalahkan Bali United," ujarnya.

Sementara winger kanan Arema FC, Samsudin percaya diri bisa mengalahkan Bali United besok malam. Ia menjamin bahwa pasukan Arema FC akan bermain maksimal untuk mendapat kemenangan pertamanya.

"Kami sebagai pemain siap menghadapi Bali United. Kita akan ikuti instruksi dari pelatih agar bisa memaksimalkan poin yang diperoleh. Insyaallah menang," pungkasnya.

Baca Juga: Profil Kiper Arema FC Julian Schwarzer, Anak Eks Kiper Chelsea

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya