Arema FC Tanpa Gustavo Almeida saat Bertamu ke Persebaya

Gustavo harus absen karena diganjar akumulasi kartu kuning

Malang, IDN Times - Arema FC dipastikan akan pincang saat menjalani laga tandang menghadap Persebaya Surabaya pada Sabtu (23/9/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Pasalnya mereka dipastikan akan kehilangan striker andalannya, Gustavo Almeida, yang terkena akumulasi kartu kuning. Sang top skorer harus absen satu laga, dan laga tersebut justru saat derby Jawa Timur.

Gustavo Almeida sendiri masih menjadi raja gol milik Arema FC. Dari 10 laga yang sudah dijalani, ia sudah memasukkan 9 gol. Jumlah ini mengantarkan dirinya menjadi top skorer sementara Liga 1 Musim 2023/2024.

1. Terkena akumulasi kartu kuning, Gustavo Almeida akan absen menghadapi Persebaya Surabaya

Arema FC Tanpa Gustavo Almeida saat Bertamu ke PersebayaStriker Arema FC, Gustavo Almeida. (Dok. Media Officer Arema FC))

Kabar buruk menghinggapi Arema FC, ujung tombaknya, Gustavo Almeida, harus absen pada pekan ke-13 Liga 1 Musim 2023/2024 saat menghadapi Persebaya Surabaya. Ia mendapatkan akumulasi kartu kuning ketika bertemu Persita Tangerang pada Sabtu (16/9/2023) lalu. Sehingga harapannya untuk bersinar pada laga derby ini harus pupus.

"Pada pertandingan selanjutnya kita tidak bisa memainkan Gustavo karena akumulasi (kartu kuning). Beberapa pemain juga masih mengalami cedera," terang Pelatih Kepala Arema FC, Fernando Valente saat dikonfirmasi pada Senin (18/9/2023).

Melihat kondisi ini, Fernando Valente kemungkinan akan memasang duet Dedik Setiawan dan Muhammad Rafli di lini depan. Dedik Setiawan juga mulai menunjukkan tajinya dengan mencetak gol saat menghadapi Persikabo 1973 dan menciptakan assist saat menghadapi Bhayangkara FC.

Baca Juga: Hadapi Persebaya, 3 Pemain Kunci Arema FC Absen

2. Fernando Valente menegaskan jika timnya tidak tergantung pada Gustavo Almeida

Arema FC Tanpa Gustavo Almeida saat Bertamu ke PersebayaFernando Valente saat resmi menjadi pelatih Arema FC. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Fernando Valente mengaku tidak terlalu memusingkan absennya Gustavo Almeida saat menghadapi Bajol Ijo. Pasalnya sejak ia masuk, tim Singo Edan bisa meraih hasil positif tanpa kehadiran striker asal Brazil ini. Sehingga menurutnya tanpa atau dengan hadirnya Gustavo Almeida, timnya akan tetap bermain dengan maksimal.

Ia mencontohkan saat debut kepelatihannya bersama Arema FC menghadapi Persikabo 1973, mereka tetap bisa menang 1-0 saat Gustavo absen karena mengalami cedera. Kemudian saat bertamu ke kandang Bhayangkara FC pada laga selanjutnya, mereka tetap bisa menang 0-2 saat Gustavo baru masuk pada babak kedua. Malahan saat Gustavo bermain penuh pada laga menghadapi Persita Tangerang, Singo Edan justru gagal mengamankan kemenangan.

"Kita saat ini sedang menciptakan permainan kolektif, sehingga seluruh pemain harus paham bagaimana cara mencetak gol. Kita membutuhkan seluruh pemain bisa mencetak gol, dan pada 3 laga kemarin ada 3 pemain berbeda yang mampu mencetak gol," tegasnya.

3. Kronologi Gustavo Almeida mendapatkan kartu kuning saat menghadapi Persita Tangerang

Arema FC Tanpa Gustavo Almeida saat Bertamu ke PersebayaGustavo Almeida saat laga melawan Persita Tangerang. (Dok. Media Officer Arema FC)

Sementara itu, Gustavo Almeida terlihat sangat keberatan dengan kartu kuning yang ia terima pada laga melawan Persita Tangerang. Saat itu pemain jangkung ini tengah melakukan duel udara dengan Cristian Rontini di dekat kotak penalti Pendekar Cisadane. Seketika Cristian Rontini terguling-guling karena merasa disikut Gustavo. Hasilnya wasit Zetman Pangaribuan menghadiahinya kartu kuning pada menit 37.

Tentu saja saat itu Gustavo Almeida memprotes keputusan wasit tersebut, pasalnya ia merasa tidak melakukan pelanggaran. Ia juga merasa itu adalah kontak fisik pertama dengan Cristian Rontini yang dinilai sebagai pelanggar, tapi ia langsung dihadiahi kartu kuning tanpa peringatan sebelumnya.

Kurtu kuning ini merupakan kartu kuning keempat bagi Gustavo Almeida sejak bergabung dengan Arema FC di Liga 1 Musim 2023/2024. Sebelumnya, ia sudah diwanti-wanti untuk menahan emosi saat menjamu Persita Tangerang. Sebab permainan berkepala plontos ini diharapkan menjadi pembeda saat Singo Edan tampil di hadapan ribuan Bonek Mania Minggu depan.

Baca Juga: Arema FC Ditahan Imbang Persita, Valente Sebut Penyerang Kurang Greget

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya