Arema FC Galau, Rekrut Pemain Asal Asia Tenggara

Bisa jadi Arema FC hanya akan pasang 5 pemain asing saja

Malang, IDN Times - Arema FC mulai membuka diri terkait siapa saja pemain asing yang akan merek rekrut untuk mengarungi Liga 1 Musim 2023/2024. Sudah ada 5 nama yang mereka incar mulai dari Gustavo Almeida (Brazil), Ichaka Diarra (Mali), Yukiya Sugita (Jepang), Tomas Bastos (Brazil), dan Vinicius Duarte (Brazil).

Namun, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat keputusan jika tim-tim Liga 1 bisa memainkan 6 pemain asing dengan format 5 pemain berkewarganegaraan bebas ditambah 1 pemain dari Asia Tenggara. Meskipun demikian, Pelatih Kepala Arema FC, I Putu Gede Dwi Siswanto masih ragu-ragu merekrut pemain Asia Tenggara.

1. Putu Gede masih bingung apakah Arema FC akan merekrut pemain Asia Tenggara atau tidak

Arema FC Galau, Rekrut Pemain Asal Asia TenggaraDuo Singapura yang pernah dimiliki Arema, Muhammad Ridhuan (kanan) dan Noh Alam Shah (kiri). (Instagram/@supersix.10)

Putu Gede mengakui dirinya masih belum bisa memutuskan apakah akan memakai jasa pemain asal Asia Tenggara atau tidak. Pasalnya hingga saat ini belum ada rumor pemain Asia Tenggara yang merapat ke Malang.

"Kita coba memaksimalkan 5 (pemain asing) dulu yang itu, tapi kalau yang Asean itu kita juga tidak tahu harus dimasukkan atau tidak. Harus dikontrak atau bagiamana juga tidak tahu," terang Putu Gede saat dikonfirmasi pada Jumat (19/05/2023).

Arema sendiri memiliki track record bagus saat diperkuat pemain asing asal Asia Tenggara. Mereka pernah merengkuh juara Indonesia Super League (ISL) musim 2009/2010 bersama duo Singapura yaitu Noh Alam Shah dan Muhammad Ridhuan.

Baca Juga: Arema FC Bocorkan Deretan Pemain Asing Baru

2. Arema FC mendukung keputusan PT LIB bolehkan setiap tim memainkan 6 pemain asing

Arema FC Galau, Rekrut Pemain Asal Asia TenggaraLogo PT Liga Indonesia Baru. (Dok. Liga Indonesia Baru)

Kendati belum memutuskan apakah akan diperkuat pemain Asia Tenggara, mantan pelatih PSMS Medan ini mendukung keputusan PSSI dan PT LIB terkait jumlah pemain asing. Saat ini Arema FC telah memiliki 5 pemain asing yang jadi incaran, artinya mereka kini tinggal mencari 1 lagi pemain berkewarganegaraan salah satu negara di Asia Tenggara.

Putu Gede menilai jika dengan masuknya 6 pemain asing di dalam tim akan memperkuat setiap tim di Liga 1. Ditambah keputusan ini diyakini akan membuat iklim persaingan yang positif bagi pemain-pemain lokal agar lebih termotivasi untuk menembus skuat utama.

"Pasti pertimbangan dari federasi agar setiap pemain menjadi lebih kompetitif. Karena setiap tim akan menjadikan pemain asing sebagai kekuatan tim, sehingga setiap tim Liga 1 akan semakin kuat," katanya.

3. Putu Gede meyakini kualitas Liga 1 akan semakin meningkat dengan 6 pemain asing di tiap tim

Arema FC Galau, Rekrut Pemain Asal Asia TenggaraPutu Gede saat memantau latihan Arema FC. (Dok Media Officer Arema FC)

Dengan regulasi 6 pemain asing, pelatih asal Denpasar ini meyakini kualitas setiap pertandingan Liga 1 akan meningkat. Hal ini akan berdampak positif dengan bertambahnya jumlah penonton dan sponsor. Sehingga ia meyakini jika keputusan ini sudah tepat diambil oleh PSSI dan PT LIB.

"Dengan regulasi ini maka kualitas pertandingan (meningkat). Kemudian datang penonton, sponsor juga datang," ujarnya.

Meskipun akan mengurangi jatah pemain lokal sebagai starter, namun ia meyakinkan tidak akan menggangu regenerasi pemain di Tim Nasional Indonesia. Pasalnya setiap tim wajib memainkan pemain berusia di bawah 23 tahun sebagai starter dan minimal bermain selama 45 menit.

"Jangan lupa kalau regulasinya 5+1, masih ada satu (pemain) wajib main yaitu yang kelahiran 2001 di tim. Sehingga mereka benar-benar harus main, tidak seperti dulu hanya dibuat hanya formalitas," tegasnya.

4. Putu Gede yakin akan ada transfer ilmu dari pemain asing kepada pemain lokal di Arema FC

Arema FC Galau, Rekrut Pemain Asal Asia TenggaraPemain Arema FC saat melakukan sesi latihan bersama. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatihan 49 tahun ini percaya jika kehadiran 6 pemain asing akan berdampak baik pada para pemain lokal. Para pemain asing ini dipercaya akan memberikan transfer ilmu yang akan bermanfaat bagi perkembangan skill para pemain lokal.

"Sehingga pada akhirnya kualitas pemain lokal akan naik lagi. Pasalnya yang merancang persaingan dengan pemain asing adalah ide dari federasi, dari PSSI. Tentu tujuannya untuk meningkatkan kualitas pemain lokal kita," jelasnya.

Sehingga jalannya pembinaan pemain akan tetap berjalan dengan baik, bahkan menurutnya akan lebih baik lagi. Maka akan muncul bibit-bibit muda yang berpotensi menyumbangkan prestasi di Timnas Indonesia.

Baca Juga: 4 Mesin Gol Arema FC, Dedik Setiawan Tersubur!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya