Arema FC Gak Lolos AFC Club Licensing, Kok Bisa?

Kali pertama Arema FC gagal lolos AFC Club Licensing

Malang, IDN Times - Sebanyak 6 klub di Liga 1 berhasil lolos dalam persyaratan AFC (Asian Football Confederation) Club Licensing 2022/2023. Klub-klub tersebut diantaranya Persebaya Surabaya, Madura United, Persija Jakarta, Bali United, PSM Makassar, dan Borneo FC Samarinda.

Tidak ada nama Arema FC dalam daftar tersebut, membuat publik bingung dengan keseriusan manajemen Arema FC. Padahal pihak manajemen Singo Edan berkoar-koar tengah melakukan pembenahan dalam internal klub. hal ini merupakan kali pertama Arema FC gagal lolos dalam penilaian sebagai tim yang diakui oleh AFC.

1. Arema FC tidak memenuhi syarat AFC Club Licensing 2022/2023 karena tidak punya homebase

Arema FC Gak Lolos AFC Club Licensing, Kok Bisa?Kantor Dispora Kabupaten Malang yang berada di Stadion Kanjuruhan. (Foto: Rizal Adhi Pratama)

General Manajer Tim Arema FC, Yusrinal Fitriandi mengatakan alasan Arema FC tidak lolos dalam penilaian AFC Club Licensing 2022/2023 karena Singo Edan belum memiliki homebase. Penilaian dalam lisensi ini dilakukan AFC sejak November 2022 sampai Mei 2023, dalam jangka waktu tersebut Arema FC memang belum memiliki homebase sejak Tragedi Kanjuruhan pada 01 Oktober 2023.

Kondisi Stadion Kanjuruhan hingga saat ini belum mendapatkan renovasi setelah kerusuhan. Ditambah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan Stadion Kanjuruhan tidak layak digunakan dalam perhelatan kompetisi tingkat nasional.

"Setelah terjadinya Tragedi Kanjuruhan, kita tidak bisa menggunakan Stadion Kanjuruhan kembali. Jadi saat pendaftaran (AFC Club Licensing 2022/2023) kita tidak memasukkan homebase," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (19/05/2023).

Ia juga mengatakan jika sejak Tragedi Kanjuruhan meletus, penilaian terhadap kelayakan stadion jadi lebih ketat. Jadi Arema FC saat itu memilih mengosongkan kolom stadion yang digunakan sebagai kandang.

Baca Juga: Arema FC Galau, Rekrut Pemain Asal Asia Tenggara

2. Arema FC pasrah tahun ini gagal mendapatkan pengakuan dari AFC

Arema FC Gak Lolos AFC Club Licensing, Kok Bisa?Arema FC saat melaksanakan sesi latihan di Stadion Pakansari Bogor. (Dok. Media Officer Arema FC)

Yusrinal mengatakan jika Arema FC pasrah jika tahun ini mereka gagal mendapatkan lisensi yang menandakan mereka diakui sebagai klub yang secara resmi di bawah naungan AFC ini. Pasalnya mereka memang tidak bisa berbuat apa-apa dari segi infrastruktur stadion.

"Katakanlah kami mendaftarkan Stadion Kanjuruhan, tetap saja tidak bisa digunakan. Ditambah saat itu ada standar baru dalam penilaian infrastruktur stadion setelah Tragedi Kanjuruhan," tegasnya.

Sejak Liga 1 bergulir pada 2017, Arema FC memang tidak pernah gagal dalam penilaian AFC Club Licensing. Pada saat itu, mereka memang selalu menggunakan Stadion Kanjuruhan sebagai homebase.

Arema FC sebenarnya tidak sendirian sebagai tim yang dinyatakan gagal lolos AFC Club Licensing 2022/2023. Ada 2 tim lainnya yang gagal lolos diantaranya adalah Persib Bandung dan Bhayangkara FC.

3. Manajemen Arema FC janjikan lolos AFC Club Licensing dengan menggunakan Stadion Gajayana

Arema FC Gak Lolos AFC Club Licensing, Kok Bisa?General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi. (Dok Media Officer Arema FC)

Arema FC harus legowo untuk pertama kalinya tidak berhasil lolos AFC Club Licensing. Namun, Yusrinal menjanjikan mereka akan kembali mendapatkan pengakuan dari federasi sepakbola Asia ini pada tahun depan dengan menggunakan Stadion Gajayana.

"Kita akan berjuang dalam lisensi selanjutnya, karena kita sudah bisa memasuki Stadion Gajayana sebagai homebase. Jadi minta doanya agar tahun depan kita dapat pengakuan kembali dari AFC," tukasnya.

Sejak Stadion Kanjuruhan dinilai tidak layak digunakan dalam perhelatan sepakbola nasional, Arema FC memang melabuhkan pandangan pada Stadion Gajayana sebagai homebase untuk Liga 1 Musim 2023/2024. Langkah ini sudah mendapat restu dari Wali Kota Malang, Sutiaji. Namun, Arema FC dibebankan untuk merenovasi beberapa fasilitas stadion agar sesuai standar dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai dari kualitas rumput stadion, kekuatan lampu stadion yang harus ditingkatkan, dan tribun penonton yang harus single seat.

Baca Juga: Klausul Kontrak Pelatih Arema, Kalah 3 Kali Beruntun Pecat!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya