5 Bek Tangguh yang Bisa Jadi Opsi Arema FC saat Bursa Transfer

Beredar rumor jika Arema FC mencari pengganti Ichaka Diarra

Penampilan Ichaka Diarra yang mengecewakan bersama Arema FC membuat posisinya tidak lagi aman. Pelatih Arema FC, Fernando Valente tampak sudah jengah melihatnya yang hanya meramaikan bangku cadangan Singo Edan. Padahal cedera hamstring yang dideritanya sudah pulih.

Pernyataan Fernando yang mengatakan dirinya membutuhkan permainan bertahan di bursa transfer November 2023 membuat posisi Ichaka kian di ujung tanduk. Jika Singo Edan menemukan pemain asing anyar, ia dipastikan jadi orang pertama yang disingkirkan. Oleh karena itu, IDN Times membagikan 5 nama pemain asing yang bisa jadi opsi Arema FC di posisi bek.

1. William Pacheco, bek tangguh yang pernah membela Bali United

5 Bek Tangguh yang Bisa Jadi Opsi Arema FC saat Bursa TransferMantan Bek Bali United, William Pacheco. (Instagram/@williampacheco02)

Nama pertama yang bisa menjadi opsi adalah Willian Silva Costa Pacheco, pemain asal Brasil berusia 31 tahun ini sudah sangat paham dengan kultur sepak bola Asia. Ia pernah bergabung dengan Persija Jakarta pada Liga 1 Musim 2015/2016, lalu membela Selangor FC di Liga Super Malaysia Musim 2017/2018, dan Bali United pada Liga 1 Musim 2019/2020.

Bersama Bali United, William merupakan bagian dari skuad juara pada Liga 1 Musim 2019/2020. Namun, ia hengkang dari Pasukan Tridatu pada Kamis (5/1/2023) karena adanya masalah pribadi sehingga harus pulang ke Brasil. Penampilan terakhir bersama Bali United pada Liga 1 Musim 2022/2023 juga tidak menurun, bahkan sempat mencatatkan 4 gol.

Saat ini William masih belum memiliki klub yang menampung dirinya. Arema FC memiliki peluang besar untuk merekrut dirinya, karena Bali United sudah memiliki Elias Dolah sebagai palang pintu.

Baca Juga: 5 Pemain Arema FC yang Tampil Tidak Sesuai Ekspektasi

2. Arema FC bisa ikut ramaikan perebutan bek PSM Makassar, Yuran Fernandes

5 Bek Tangguh yang Bisa Jadi Opsi Arema FC saat Bursa TransferBek PSM Makassar, Yuran Fernandes. (Instagram/@yur4nfernandes)

Nama Yuran Fernandes Rocha Lopes kini jadi perbincangan panas di tim-tim Liga 1. Pasalnya pemain bertahan PSM Makasar ini disebut-sebut akan hengkang dari tim Juku Eja dalam waktu dekat. Penyebabnya adalah langkah manajemen yang membuang Wiljan Pluim membuat pemain-pemain bintang PSM Makassar jengah.

Yuran menjelma sebagai tembok kokoh pada 15 laga PSM Makassar. Ia juga yang mementahkan serangan-serangan Arema FC saat mereka meremukkan Singo Edan dengan skor 3-0 di Stadion Gelora BJ Habibie beberapa waktu lalu. Yuran juga bagian skuad juara PSM Makassar musim lalu.

Pada situs Transfermarkt, Yuran Memili nilai transfer sebesar Rp6,08 miliar. Namun, Arema FC tidak sendirian jika memang mengincar sang pemain. Ada Persebaya Surabaya yang juga mengincar pemain asal Tanjung Verde ini.

3. Arthur Félix Silva, pernah jadi andalan Persik Kediri

5 Bek Tangguh yang Bisa Jadi Opsi Arema FC saat Bursa TransferMantan Bek Persik Kediri, Arthur Felix Silva. (Instagram/@arthurfelixsilva)

Nama Arthur Félix Silva e Silva pernah mencuat bersama Persik Kediri pada Liga 1 Musim 2021/2022. Saat itu ia ikut menyelamatkan skuad Macan Putih dari jurang degradasi. Tidak ada yang mengharapkan sang pemain hengkang dari Persik Kediri saat itu.

Namun, pada Januari 2023 namanya tidak ada lagi di dalam daftar pemain Persik Kediri. Ia mendadak pulang ke Brasil karena kondisi ayahnya yang tengah sakit keras. Alasan itulah yang membuat dirinya tidak memperpanjang kontrak di Persik Kediri.

Kini, Arthur diketahui telah bergabung dengan Londrina Esporte Clube yang berkompetisi di Seri B Brasil. Pemain 33 tahun memiliki nilai Rp3,91 miliar jika dilihat pada situs Transfermarkt. Ia mungkin masih berharap bisa kembali berkompetisi di Liga 1.

4. Fernando Valente bisa bereuni dengan Joao Felix

5 Bek Tangguh yang Bisa Jadi Opsi Arema FC saat Bursa TransferBek Ypiranga, Joao Victor Felix Alves. (Instagram/@ypirangafutebolclube)

Fernando Valente pernah menangani Estoril Praia U-23 selama 3 bulan dari 12 Juli 2023 hingga 5 Oktober 2023, di sana ia bertemu dengan sosok bek muda bernama Joao Victor Felix Alves. Ini jadi alasan yang cukup masuk akal untuk membuat pelatih asal Portugal ini memanggil mantan anak asuhnya ini ke Indonesia.

Usia Joao yang masih 21 tahun juga menjadi pertimbangan bahwa ia memiliki masa depan yang panjang. Ditambah Fernando merupakan pelatih yang menyukai pemain-pemain berusia muda dan memiliki semangat tinggi, sang pemain juga bisa berposisi sebagai bek kiri. Ia juga mengenal gelandangan bertahan Arema FC, Charles Raphael, karena pernah sama-sama berlaga di Seri C Brasil.

Kini Joao masih memperkuat Ypiranga FC yang berlaga di kompetisi Seri C Brasil. Namun, di sana ia baru bermain sebanyak 7 pertandingan saja sepanjang musim ini. Sehingga ia pasti akan tertarik jika dijanjikan sebagai pemain utama di bawah asuhan Fernando Valente.

5. Junior Eldstal, incaran lama yang bersemi kembali

5 Bek Tangguh yang Bisa Jadi Opsi Arema FC saat Bursa TransferBek Dewa United, Junior Eldstal. (Instagram/@junioreldstal)

Arema FC pernah mengincar sosok bek 32 tahun berkewarganegaraan Malaysia bernama Junior Eldstal saat masih membela Johor Darul Takzim (JDT) musim lalu. Namun, sang pemain akhirnya memilih Dewa United sebagai pelabuhan barunya. Mantan pemain akademi Reading FC ini jadi incaran karena telah malang melintang di Liga Thailand dan Liga Super Malaysia, ia juga telah tergabung dalam skuad Timnas Malaysia.

Namun, ia tampakkan mendapatkan situasi kurang menyenangkan bersama Dewa United musim ini. Sepanjang paruh musim Liga 1, ia hanya bermain sebanyak 5 kali. Bukan catatan yang menyenangkan untuk pemain berpostur tinggi 191 centimeter ini.

Pemain kelahiran Swedia ini bisa memiliki nila transfer senilai Rp2,61 miliar di situs Transfermarkt. Sang pemain tentu saja akan tertarik hengkang ke Malang jika ia mendapatkan jaminan bermain reguler.

Baca Juga: Jadwal Arema FC Bulan November 2023, Jumpa Persib!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya