Comscore Tracker

Persiapan Piala Dunia U-20 2021 Jalan Terus, Risma Tinjau GBT

Tak terpengaruh pandemik COVID-19

Surabaya, IDN Times - Meskipun bumi dilanda pandemik COVID-19, persiapan Surabaya menyambut Piala Dunia U-20 2021 terus dikebut. Minggu (7/6), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengecek langsung perbaikan venue Piala Dunia U-20 di kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).  Dia menyebut, beberapa fasilitas masih dalam progres, yang mana ditargetkan selesai pada akhir tahun.

1. Kursi lama mulai dilepas, akan diganti baru yang warna-warni

Persiapan Piala Dunia U-20 2021 Jalan Terus, Risma Tinjau GBTWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau Stadion GBT, Minggu (7/6). Dok. Humas Pemkot Surabaya

Saat ini para pekerja sedang mengerjakan tribun stadion GBT. Kursi-kursi lama mulai dilepas dan akan diganti dengan kursi baru. Namun, kursi baru ini masih dalam tahap pengiriman. Sehingga, untuk pemasangan harus menunggu terlebih dahulu.

"Katanya pengelola proyek, kursi ini sudah sampai Jakarta. Proses pemasangan agak lama karena warnanya macam-macam," terang Risma kepada wartawan.

2. Lampu sorot diganti 2.400 lux

Persiapan Piala Dunia U-20 2021 Jalan Terus, Risma Tinjau GBTBench Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Selain kursi, wali kota dua periode ini memastikan floodlight atau lampu sorot stadion juga akan diganti. Kini pihaknya sedang menyiapkan pergantian lampu tersebut. Saat ini yang terpasang di Stadion GBT lampu sorot 1.200 lux. Lampu ini sesuai standar AFC untuk kompetisi AFC Champions League dan AFC Cup.

Nah, untuk Piala Dunia maka perlu daya yang lebih tinggi. Rencananya Pemkot Surabaya akan memasang lampu sorot 2.400 lux di GBT. Daya tersebut sama halnya di Stadion Olimpiade Kiev, Ukraina yang merupakan venue final Piala Eropa 2012.

"Kita juga ganti lampu jadi 2.400 lux. Kita sudah punya 1.200, kekurangannya nyusul," ucap Risma.

Baca Juga: Lika-liku Terpilihnya Stadion GBT Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

3. Dibangun tempat pemanasan yang dilengkapi tempat berendam

Persiapan Piala Dunia U-20 2021 Jalan Terus, Risma Tinjau GBTStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Nantinya, lanjut Risma, akan disiapkan juga tempat pemanasan khusus. Tempat ini akan berkonsep indoor dan outdoor. Sehingga ketika hujan, tim yang berlatih tetap bisa melakukan pemanasan.

Di tempat pemanasan juga disediakan tempat berendam atau whirlpool. Mayoritas masyarakat menyebutnya jacuzzi. Padahal, jacuzzi ialah salah satu merek whirlpool.

"Ada jacuzzi lagi disiapkan. (Targetnya) September atau Agustus selesai," kata wali kota kelahiran Kediri itu.

4. Impor rumput stadion dari Thailand

Persiapan Piala Dunia U-20 2021 Jalan Terus, Risma Tinjau GBTStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Lebih lanjut, untuk rumput stadion juga akan diganti. Rumput tersebut rencananya diimpor dari Thailand. Waktu pemasangan rumput ini, yang jelas Risma ingin dipasang saat finalisasi perbaikan. Dikhawatrikan rumput itu rusak jika dipasang sekarang.

"Kalau perlu dikerjakan 2021 saja. Standarnya internasional. Impor rumputnya dari Thailand. Jadi kalau ditendang gak bisa berhenti bolanya," Risma membeberkan.

5. Lapangan penunjang latihan dilelang dan kebut akses ke stadion

Persiapan Piala Dunia U-20 2021 Jalan Terus, Risma Tinjau GBTStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Selain fasilitas dalam stadion, Risma juga memperhatikan penunjang lainnya. Tiga lapangan penunjang di sekitar Stadion GBT untuk sarana latihan juga akan dikerjakan. Sekarang ini masih dalam proses lelang. Kemudian pemkot menyiapkan akses ke stadion.

Risma menyebut ada empat hingga lima akses ke Stadion GBT. Salah satu aksesnya ialah Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB). Perbaikan terus digeber oleh pemkot. Ditargetkan selesai akhir tahun. Sebab informasi dari FIFA, tidak ada perubahan jadwal terkait Piala Dunia U-21 tahun 2021.

"Kalau Surabaya jadi salah (satu) tempat itu iya. makanya sedang kami persiapkan. Tapi penentuan sudah. Daerah lain ada di Bali, Solo, Jogja, dan Jakarta," katanya.

Baca Juga: Iwan Bule Tinjau GBT, Ini Catatan yang Harus Segera Dibenahi

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya