Iwan Bule Tinjau GBT, Ini Catatan yang Harus Segera Dibenahi

Supaya bisa jad tuan rumah Piala Dunia U-20 2021

Surabaya, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan meninjau kondisi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (10/1). PSSI ingin melihat secara langsung kesiapan GBT sebagai salah satu kandidat venue Piala Dunia U-20 2021. Dari tinjauan itu, dia menemukan beberapa hal yang harus dibenahi.

1. Cek beragam fasilitas di GBT

Iwan Bule Tinjau GBT, Ini Catatan yang Harus Segera DibenahiStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Iwan Bule-sapaan akrab Mochamad Iriawan- mendatangi Stadion GBT ditemani Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Eri Cahyadi, beserta jajarannya. Ia mengecek fasilitas stadion mulai kamar ganti pemain, kamar mandi, press room, dan lain-lain.

"Hari ini saya melihat Gelora Bung Tomo yang menjadi tempat untuk stadion utama persiapan venue world cup nanti. Nah, saya berterima kasih kepada Ibu wali kota yang sudah dengan serius mempersiapkan beberapa venue yang ada di Surabaya secara khususnya," ujar Iwan.

2. Rumput GBT harus diganti sesuai standar FIFA

Iwan Bule Tinjau GBT, Ini Catatan yang Harus Segera DibenahiBench Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Tentunya Iwan juga mengecek detail penting di dalam stadion, seperti kualitas rumput dan lampu. Ia pun memberi catatan khusus agar rumput diganti sesuai standar FIFA serta lampu ditambah sampai batas minimum yang telah ditentukan.

"Lampu tambahan dan Bu wali juga akan memperlebar ruang ganti. Sudah ada, tapi akan diperlebar lagi. Itu saja mungkin. Rumput yang pasti diganti," tuturnya.

Baca Juga: Soal Venue Piala Dunia U-20 2021, Iwan Bule: Belum Ada yang Fixed

3. Tinjau tiga lapangan sekunder

Iwan Bule Tinjau GBT, Ini Catatan yang Harus Segera DibenahiKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (10/2). IDN Times/Fitria Madia

Iwan juga memastikan lokasi tiga lapangan sekunder untuk latihan para tim sebagai penunjang stadion utama. Ia pun mengapresiasi keseriusan Pemkot Surabaya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, hingga berani membangun tiga lapangan baru.

"Dan tadi saya lihat 3 lapangan pendukung yang akan dibuat oleh Bu Wali Kota di sekitar Bung Tomo ini. Ini membanggakan bagi kami, ternyata serius sekali Surabaya untuk mempersiapkan venue world cup 2021. Terima kasih Bu wali kota," ungkapnya.

4. Perlu jacuzzi dan single seat

Iwan Bule Tinjau GBT, Ini Catatan yang Harus Segera DibenahiStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Meski Iwan sudah melihat perkembangan yang ada di GBT, ia tetap mewanti-wanti agar persyaratan yang telah diberikan oleh FIFA segera dipenuhi. Salah satunya yang belum ada adalah jacuzzi dan single seat.

"Pasti ada (yang harus dipenuhi), yang mungkin (ada) penambahan jacuzzi,  belum ada. Kamar mandi juga cukup baik. Di dalam paparan, kursi single seat sudah disiapkan," tuturnya.

5. Risma yakin November 2020 semua akan selesai

Iwan Bule Tinjau GBT, Ini Catatan yang Harus Segera DibenahiStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Risma yakin bahwa seluruh persyaratan FIFA beserta renovasi dan pembangunan tiga lapangan baru akan segera rampung. Semua hal yang ia butuhkan sudah dialokasikan dalam APBD 2020 dan sudah dilelang.

"Targetnya semua infrastruktur, aksesbilitasnya November paling telat. Jadi kami berharap sebelum itu bisa kelar," ucapnya optimistis.

Baca Juga: Iwan Bule Sebut Surabaya Paling Serius Gelar Piala Dunia U-20 2021

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya