Kompetisi U-13 dan U-15 Jatim Tetap Digelar Meski Liga 3 Batal

Alasannya sih pembibitan

Surabaya, IDN Times - Gelaran Liga 3 Zona Jawa Timur (Jatim) memang tidak akan digelar pada musim ini. Tapi, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim memastikan kalau kompetisi kelompok umur tetap akan digelar.

1. Kompetisi U-13 dan U-15 tetap jalan

Kompetisi U-13 dan U-15 Jatim Tetap Digelar Meski Liga 3 BatalIlustrasi sekolah sepak bola (SSB) Desa Durikulon, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Kepastian tetap digelarnya kompetisi kelompok umur ini disampaikan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Jatim, Thoriq. Nantinya, kompetisi kelompok umur yang akan digelar dalam waktu dekat ialah U-13 dan U-15.

"Kompetisi kelompok umur untuk kategori U-13 dan U-15 tetap diputar di tingkat Asprov PSSI Jawa Timur," ujarnya tertulis, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Liga 3 Zona Jatim Tak Digelar, PSSI Ungkap Alasannya

2. Kompetisi U-17 tahun ini ditiadakan

Kompetisi U-13 dan U-15 Jatim Tetap Digelar Meski Liga 3 BatalIDN Times/Doni Hermawan

Sementara untuk kompetisi U-17 yang biasanya dikemas dalam gelaran Piala Soeratin dan Piala Pertiwi, dipastikan tidak digelar. Thoriq bilang kalau keputusan ini sudah menjadi final dalam hasil rapat Exco PSSI Jatim pada Senin (12/12/2022).

"Juga menghasilkan keputusan untuk tak menggelar kompetisi Soeratin U-17 dan Piala Pertiwi di tingkat provinsi," katanya.

3. Alasannya pembibitan hingga tingkat risiko

Kompetisi U-13 dan U-15 Jatim Tetap Digelar Meski Liga 3 BatalIDN Times/Doni Hermawan

Terkait alasan hanya menggelar kompetisi sepak bola kelompok umur U-13 dan U-15, kemudian tak menggelar kompetisi U-17, Thoriq menyampaikan ada pertimbangan pembinaan dan tingkat risiko. Menurut dia, risiko kerusuhan hingga massa suporter kompetisi U-13 dan U-17 sangat kecil.

"Untuk level pembinaan dan pembibitan harus tetap jalan. Karena selain minim risiko, kita harus terus melakukan pembinaan usia dini agar regenerasi sepak bola kita tidak boleh mandek," ungkap dia.

Baca Juga: PSSI Jatim: Liga 3 Ditunda karena Ada Investigasi Kanjuruhan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya