Sudah Ada Tiga, Felipe Americo Ingin Arema FC Tambah Satu Kiper Lagi

Untuk genapi kuota penjaga gawang

Malang, IDN Times - Arema FC semakin intens mempersiapkan diri menjelang kompetisi Liga 1 2020. Sejauh ini, Arema FC sudah berlatih dalam dua hari terakhir. Latihan tersebut juga sudah diikuti oleh semua pemain. Termasuk tiga penjaga gawang yang dipertahankan yakni Kurniawan Kartika Ajie, Utam Rusdiana dan Andreas Francisco. Ketiganya kini mulai mendapat perhatian khusus dari pelatih kiper Felipe Americo. 

1. Sudah lihat kualitas tiga kiper

Sudah Ada Tiga, Felipe Americo Ingin Arema FC Tambah Satu Kiper LagiAndreas Francisco, kiper muda yang dimiliki Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah berlatih selama dua hari, Felipe mengakui sudah melihat kualitas ketiga penjaga gawang tersebut. Menurutnya ketiga memiliki kemampuan yang cukup merata. Meskipun ada beberapa hal yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas ketiganya. 

"Masih baru dua hari latihan. Tetapi secara umum ketiganya punya kualitas. Mereka juga mau bekerja keras dalam latihan," beber Felipe, Jumat (17/1). 

2. Masih ingin eksplore kemampuan kiper

Sudah Ada Tiga, Felipe Americo Ingin Arema FC Tambah Satu Kiper LagiFelipe Americo ingin melihat kemampuan kiper selama dua pekan kedepan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun sudah melihat kemampuan tiga kiper yang ada, Felipe mengakui masih perlu waktu. Utamanya untuk mengeksplore kemampuan masing-masing penjaga gawang. Tetapi seiring terus berlatih bersama, ia meyakini bahwa kualitas kiper Arema FC akan bisa meningkat. 

"Mungkin setidaknya perlu latihan dua pekan. Setelah itu baru bisa terlihat progres dari kiper," tambahnya. 

3. Semua kiper bisa lakukan kesalahan

Sudah Ada Tiga, Felipe Americo Ingin Arema FC Tambah Satu Kiper LagiUtam Rusdian salah satu andalan Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selama dua hari latihan, memang terlihat bahwa masih ada kesalahan yang dilakukan oleh kiper Arema FC. Namu, Felipe menilai bahwa hal tersebut wajar. Sebab, itu semua merupakan proses agar nantinya bisa lebih tangguh. Bahkan dirinya dengan telaten melakukan koreksi terhadap kesalahan yang dilakukan. 

"Saya rasa semua kiper pernah lakukan kesalahan. Bahkan Manuel Neuer saja pernah melakukan kesalahan. Ini hal yang normal, tetapi yang terpenting adalah mengoreksi setiap kesalahan dan memperbaikinya," terangnya. 

4. Ingin tambah satu kiper lagi

Sudah Ada Tiga, Felipe Americo Ingin Arema FC Tambah Satu Kiper LagiArema FC sejauh ini baru memiliki tiga kiper. IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah memiliki tiga kiper, Felipe mengakui masih memerlukan tambahan satu penjaga gawang lagi. Hal itu untuk membuat formasi penjaga gawang menjadi lengkap. Sekaligus juga mengantisipasi jika ada penjaga gawang yang cedera atau mungkin mendapat panggilan timnas. 

"Kalau cuma tiga tentu sangat riskan. Semisal satu dipanggil timnas dan satu cedera tidak mungkin hanya satu kiper yang siap," kata mantan pelatih kiper Barito Putera itu. 

5. Tak rekomendasikan nama

Sudah Ada Tiga, Felipe Americo Ingin Arema FC Tambah Satu Kiper LagiFelipe Americo membutuhkan tambahan satu kiper lagi. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun mengakui masih perlu penjaga gawang tambahan, namun Felipe mengakui bahwa dirinya tak merekomendasikan nama. Tetapi ia menyebut bahwa siapapun penjaga gawang yang datang, maka harus mau bekerja keras. Sebab, tidak ada jaminan bakal main reguler untuk semua penjaga gawang. 

"Mereka harus bekerja keras dan bersaing untuk bisa dapat kesempatan. Termasuk untuk penjaga gawang baru," pungkasnya. 

Baca Juga: Jelang Latihan Perdana, Arema FC Perkenalkan Sembilan Pemain Baru 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya