Nekat Konvoi Saat Ultah Arema Bisa Kena Tilang Polisi

Kegiatan ulang tahun dipusatkan di area Kayutangan Heritage

Malang, IDN Times - Kepolisian Resort Kota Malang Kota bakal mengambil tindakan tegas jika ada suporter yang tetap nekat konvoi dalam perayaan ulang tahun Arema yang ke-35. Sesuai kesepakatan, tidak ada konvoi untuk perayaan ulang tahun tersebut. Pihak klub sudah menyiapkan agenda lain yang bakal dipusatkan di kawasan Kayutangan Heritage. 

1. Polisi bakal lakukan penutupan jalur

Nekat Konvoi Saat Ultah Arema Bisa Kena Tilang PolisiAremania saat sedang mendukung Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Kapolresta Malang Kota, Komber Pol Budi Hermanto menjelaskan bahwa rangkaian acara puncak perayaan ulang tahun Arema yang ke-35 dimulai pada Rabu (10/8/2022). Selama acar berlangsung, mulai pukul 18.00 WIB, akses lalu lintas melewati kawasan Kayutangan Heritage bakal dialihkan hingga pukul 01.00 WIB dini hari. Setidaknya ada 4 titik jalur yang akan ditutup yakni Jl Basuki Rahmat, Jl Kahuripan, Jl Bundaran Tugu dan Jl Kertanegara. 

"Nanti kami akan siapkan jalur alternatif untuk pengguna jalan raya," urainya Senin (8/8/2022). 

2. Berbagai kegiatan disiapkan di Kayutangan Heritage

Nekat Konvoi Saat Ultah Arema Bisa Kena Tilang PolisiIDN Times/aremafc.com

Menurut pria yang akrab disapa Buher ini, ada beberapa kegiatan yang bakal dilakukan di Kayutangan Heritage. Sembari menunggu detik-detik puncak ulang tahun Arema, akan digelar doa bersama, hiburan musik, refleksi.

Kemudian menjelang detik-detik ulang tahun pada tengah malam, bakal dilakukan corteo jalan bersama menuju patung singa yang ada di depan Stasiun Kota Baru. Lalu akan dilakukan pengalungan syal ke patung singa sebagai bentuk penghormatan atas ulang tahun tim kebanggaan warga Malang Raya tersebut. Agenda ditutup dengan pemotongan 35 tumpeng di area bundaran Tugu Malang. 

"Setelah itu agenda dilanjutkan pada Kamis dengan menggelar apel kebangsaan dan bapak tilas menuju Stadion Kanjuruhan," imbuhnya. 

Baca Juga: Arema FC Pinjamkan Dua Pemain Agar Dapat Jam Terbang

3. Tak ada toleransi konvoi

Nekat Konvoi Saat Ultah Arema Bisa Kena Tilang PolisiKapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto saat memberikan keterangan di Polresta Malang Kota. IDN Times/Alfi Ramadana

Buher menyebut bahwa acara harus sudah selesai pada pukul 01.00 dini hari. Setelah agenda selesai, maka seluruh Aremania yang hadir diminta langsung pulang dan tidak melakukan konvoi. Jika melanggar maka kepolisian bakal memberikan tindakan peringatan. 

"Tentunya kami lakukan pendekatan persuasif dengan membubarkan diri. Nanti akan kami koordinasikan dengan korwil masing-masing. Tetapi jika tetap nekat maka akan kami lakukan penilangan,"sambungnya. 

Guna menghindari kejadian yang tak diinginkan, Buher meminta bahwa Aremania yang akan mengikuti perayaan puncak ulang tahun Arema bisa datang secara terkoordinir. Terutama mereka yang berasal dari luar kota. Agar petugas keamanan juga bisa lebih mudah melakukan pengendalian massa. Guna proses pengamanan, sedikitnya 1.000 personel gabungan disiapkan untuk rangkaian perayaan hari ulang tahun Arema ini. 

"Sekaligus juga untuk menghindari adanya kemungkinan gangguannya kamtibmas atau juga kecelakaan lalu lintas," tandasnya. 

Baca Juga: Tempat Menginap PSS Sleman Diteror, Arema FC Minta Maaf

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya