Comscore Tracker

Demi Kemenangan Lawan Persebaya, Arema FC Genjot Latihan Fisik  

Tim Singo Edan fokus tingkatkan kualitas permainan   

Malang, IDN Times - Arema FC mulai menyiapkan diri secara serius jelang laga akbar kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022). Meski masih cukup lama, tim Singo Edan tampaknya tak mau berleha-leha.

Setelah libur tiga hari, para pemain mulai kembali berlatih maksimal guna menuai hasil maksimal pula atas tim Bajul Ijo. Kemenangan akan memberikan motivasi lebih bagi para pemain untuk menjalani sisa musim ini. 

1. Fokus pada titik lemah tim

Demi Kemenangan Lawan Persebaya, Arema FC Genjot Latihan Fisik  Adam Alis berebut bola dengan Tito Hamzah. Instagram/aremafcofficial

Pelatih Arema FC, Javier Roca menilai bahwa saat ini, salah satu poin yang menjadi titik lemah tim Singo Edan adalah fisik pemain. Untuk itu, perlahan permasalahan fisik akan coba dibenahi dengan meningkatkan intensitas latihan. Termasuk meningkatkan endurance pemain agar mampu bermain konstan sepanjang laga. 

"Sampai hari Sabtu, kondisi fisik akan coba kami naikkan. Setelah itu libur lagi sehari dan kemudian fokus pada persiapan taktikal untuk laga berikutnya," katanya Kamis (22/9/2022). 

2. Tak punya banyak waktu untuk tingkatkan fisik

Demi Kemenangan Lawan Persebaya, Arema FC Genjot Latihan Fisik  Pelatih Arema FC, Javier Roca saat memimpin latihan di Stadion Gajayana. Instagram/aremafcofficial

Pelatih asal Chile itu menyebut bahwa dalam situasi musim berjalan seperti saat ini maka sebenarnya sulit untuk meningkatkan kondisi fisik. Tetapi ada jeda waktu dua pekan ini, dirinya mencoba untuk menambah porsi agar fisik pemain bisa lebih maksimal dengan kapasitas yang saat ini tersedia. 

"Tidak ada waktu untuk tes Vo2 max. Karena ini seharusnya pada awal musim. Saat ini yang bisa dilakukan adalah bagaimana menjaga agar pemain dalam kondisi fit saat pertandingan nanti," tambahnya. 

Baca Juga: Pengunduran Diri Azrul dari Persebaya Ditolak, Ini Alasannya

3. Maksimalkan istirahat pemain

Demi Kemenangan Lawan Persebaya, Arema FC Genjot Latihan Fisik  Hasyim Kipuw saat latihan persiapan menghadapi Persib Bandung. Instagram/aremafcofficial

Meski berupaya memaksimalkan kondisi fisik pemain, ia juga berupaya menyeimbangkan pola latihan dengan istirahat pemain. Untuk itu, ia juga mengurangi durasi waktu latihan dan meminta pemain untuk lebih banyak istirahat agar tenaga mereka bisa tetap prima saat dibutuhkan. 

"Semua aspek latihan kami berikan kepada pemain. Tetapi diluar itu semua, jam istirahat jauh lebih penting," sambungnya. 

Setelah menjalani dia laga dan melihat performa tim, Roca optimis bahwa setelah ini Arema FC bisa lebih konsisten. Meskipun lawan-lawan yang bakal dihadapi cukup berat, namun kemenangan atas Persik Kediri memberi motivasi lebih pada para pemain. 

"Kami memang tidak bisa pilih-pilih lawan karena jadwal sudah ada. Tetapi jika melihat jadwal Oktober maka kami optimis bisa maksimal," tandasnya. 

Baca Juga: Menang Tipis Atas Persik, Roca Sebut Arema FC Kesulitan 

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya