Arema FC Pensiunkan Nomor Punggung 1 untuk Kurnia Meiga

Kurnia Meiga terakhir bermain untuk Arema FC musim 2017 

Malang, IDN Times - Arema FC resmi memensiunkan nomor punggung satu. Nomor tersebut sebelumnya identik dengan penjaga gawang andalan Arema FC, Kurnia Meiga. Pemain asal Jakarta itu memang tak bisa melanjutkan karirnya di sepak bola setelah terakhir bermain musim 2017 bersama Arema FC. Saat itu, Kurnia Meiga mengalami gangguan pada penglihatannya. 

1. Nomor punggung 1 dipensiunkan

Arema FC Pensiunkan Nomor Punggung 1 untuk Kurnia MeigaKurnia Meiga saat membela Timnas Indonesia tahun 2016. Instagram/egahermansyah

Manajer Arema FC, Ali Rifki menjelaskan bahwa keputusan untuk memensiunkan nomor punggung satu sebagai bentuk penghormatan kepada pemain yang akrab disapa Entong itu. Sebagaimana diketahui, Kurnia Meiga selalu membela Arema FC selama karir profesionalnya sebagai pesepakbola. Kemampuannya dalam mengawal gawang Arema FC membuat pemain bertinggi 187 cm itu menjadi idola dari Aremania. Bahkan, Arema FC sempat kesulitan mendapatkan pengganti sepadan saat Entong tak bisa melanjutkan karir sepak bolanya.

"Ini adalah untuk menghormati Kurnia Meiga. Dia merupakan legenda Arema," katanya Jumat (22/7/2022). 

Baca Juga: Luncurkan Jersey Baru, Arema FC Bawa Filosofi Urip, Urap, Urup  

2. Berikan selamat atas keberhasilan Arema FC

Arema FC Pensiunkan Nomor Punggung 1 untuk Kurnia MeigaArema FC merayakan gelar Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri, Samarinda. Instagram/aremafcofficial

Meski sudah tak lagi bermain untuk Arema FC, Kurnia Meiga tampaknya masih memiliki ikatan emosional yang cukup kuat dengan tim Singo Edan. Terbukti saat tim Singo Edan menjuarai Piala Presiden 2022, Meiga memberikan ucapan selamat. Meiga menyampaikan ucapan tersebut melalui unggahan di akun instagram Arema FC. Video tersebut juga sempat diputar saat launching tim dan Jersey Arema FC di Stadion Gajayana, Rabu (20/7/2022) lalu.

"Selamat untuk Arema FC menjadi juara Piala Presiden 2022. Jiwa jawara saya hanya untuk Arema FC. Terima kasih atas upaya manajemen Arema FC yang telah menjadikan nomor punggung 1 hanya untuk diperuntukkan untuk saya. Saya doakan Arema FC jadi juara liga tahun ini. Salam satu jiwa," ucap Kurnia Meiga dalam unggahan tersebut. 

3. Persembahkan berbagai gelar untuk Arema FC

Arema FC Pensiunkan Nomor Punggung 1 untuk Kurnia MeigaKurnia Meiga saat membela Timnas Indonesia tahun 2016. Instagram/egahermansyah

Pemain bernama lengkap Kurnia Meiga Hermansyah itu bergabung dengan Arema pada musim 2008/2009 untuk kompetisi Indonesia Super League (ISL). Perlu satu setengah musim bagi Kurnia Meiga untuk membuktikan diri layak menjadi kiper utama Arema. Hengkangnya Markus Horison yang menjadi kiper utama Arema pada awal musim 2009/2010 membawa berkah tersendiri bagi Kurnia Meiga. Ia kemudian naik pangkat menjadi kiper utama. Meski masih sangat muda, Meiga menunjukkan konsistensi penampilan yang luar biasa. Bahkan ia mampu mempersembahkan gelar Indonesia Super League yang kemudian semakin sempurna setelah dirinya menyabet gelar pemain terbaik.

Sejak saat itu, berbagai gelar mampu dihadirkan Kurnia Meiga untuk Arema mulai dari Inter Island Cup, Bali Island Cup, Bhayangkara Cup hingga Piala Presiden. 

4. Pegang rekor cleansheet terbanyak

Arema FC Pensiunkan Nomor Punggung 1 untuk Kurnia MeigaMomen saat manajer Arema FC, Ali Rifki menunjukkan nomor punggung 1 yang merujuk pada Kurnia Meiga. Instagram/aremafcofficial

Satu lagi rekor yang hingga kini belum bisa dipecahkan kiper lain adalah cleansheet dalam satu musim. Pada kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) tahun 2016 lalu, Kurnia Meiga mampu mencatatkan 18 kali cleansheet dalam semusim. Jumlah tersebut masih menjadi rekor yang hingga kini belum bisa dipecahkan oleh penjaga gawang lain. Total selama karirnya di Arema, Kurnia Meiga memainkan sebanyak 280 laga diseluruh kompetisi. 

Baca Juga: Resmi Perkenalkan Skuadnya, Ini Dia 30 Pemain Arema FC!

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya