Prestasi Merosot, Banyuwangi Harus Puas di Peringkat 11 Porprov

Secara jumlah, perolehan medali meningkat

Banyuwangi, IDN Times - Kabupaten Banyuwangi mengalami penurunan peringkat dalam klasemen perolehan medali di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII 2023. Dalam hitungan terakhir, Banyuwangi berada di posisi ke-11 dari total 38 Kabupaten/Kota yang berpartisipasi dalam Porprov tahun ini.

1. Harus puas dengan 22 emas, 14 perak dan 47 perunggu

Prestasi Merosot, Banyuwangi Harus Puas di Peringkat 11 PorprovPorprov VIII Jatim 2023. (Istimewa)

Walaupun perolehan medali Banyuwangi meningkat dibandingkan dengan dua edisi Porprov sebelumnya, persaingan yang semakin ketat dengan daerah-daerah lain membuat Banyuwangi harus puas dengan posisinya saat ini. Pada tahun ini, Banyuwangi berhasil meraih 22 medali emas, 14 medali perak, dan 47 medali perunggu, jumlah yang cukup mengesankan jika dibandingkan dengan penampilan sebelumnya.

Pada Porprov VI tahun 2019, Banyuwangi memenangkan 14 medali emas, 19 medali perak, dan 24 medali perunggu. Saat itu Banyuwangi berada di peringkat ke-8 dalam klasemen perolehan medali, bersaing dengan kabupaten lain seperti Gresik, Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro.

Baca Juga: Futsal Porprov Diwarnai Tendangan ke Kepala, Pemain Disanksi 2 Tahun

2. Kuantitas medali naik, prestasi menurun

Prestasi Merosot, Banyuwangi Harus Puas di Peringkat 11 PorprovPorprov VIII Jatim 2023. (Istimewa)

Sementara itu, pada Porprov VII yang diselenggarakan di Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo, Banyuwangi berada di peringkat ke-10 dengan total perolehan medali sebanyak 70, terdiri dari 16 medali emas, 24 medali perak, dan 30 medali perunggu.

Meskipun Banyuwangi telah meningkatkan kuantitas medali yang mereka raih, posisi mereka dalam klasemen perolehan medali masih belum mampu bersaing dengan daerah lain dalam hal prestasi.

Namun, ada beberapa cabang olahraga di Banyuwangi yang menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Meskipun demikian, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan, terutama dalam cabang olahraga yang sebelumnya selalu meraih medali emas namun prestasinya kini menurun.

3. Potensi empat medali emas gagal diraih

Prestasi Merosot, Banyuwangi Harus Puas di Peringkat 11 PorprovIlustrasi sepakbola. (IDN Times/ Agung Sedana)

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar medali emas Banyuwangi pada Porprov Jatim VIII ini berasal dari cabang-cabang olahraga baru, seperti Hapkido yang berhasil meraih 6 medali emas dan Arung Jeram. Selain itu, medali emas juga datang dari cabang-cabang olahraga yang sebelumnya kurang diperhitungkan namun mampu menunjukkan potensi mereka, seperti sepatu roda, kempo, balap sepeda, catur, dan bahkan dari cabang olahraga panahan.

”Sebenarnya berpotensi mendapat minimal empat sampai enam emas," kata Ketua Pertina Banyuwangi Randy Setyo Nugroho, Rabu (20/9/2023).

Sayangnya, ada cabang olahraga seperti Sepakbola yang sebelumnya berhasil meraih medali emas dalam Porprov Jatim VII, namun prestasinya menurun. Demikian pula dengan cabang olahraga Woodball yang hanya berhasil meraih 1 medali perunggu dalam Porprov tahun ini.

"Waktu pertandingan dihentikan, empat atlet kita sudah masuk final. Sementara dua potensi emas, tapi akhirnya pertandingan dihentikan,” katanya.

Baca Juga: Petinju Porprov Jatim Meninggal, Polisi Panggil KONI

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya