Khawatir Bawa Jenazah COVID-19, Ambulans Tertahan di RSUD Jombang

Diagnosisnya meninggal karena sesak napas

Jombang, IDN Times - Sebuah mobil ambulas bertuliskan NH (Nurul Hayat) yang membawa jenazah warga Jombang terparkir di depan kamar jenazah Pavilium Kenangan RSUD Kabupaten Jombang. Ambulans bernopol L 1714 KC itu parkir sejak Selasa (7/4) pukul 21.30 WIB hingga sekarang, Rabu petang (8/4).

"Saya di sini mulai jam setengah sepuluh malam (kemarin)," kata sopir ambulans M Teguh Santoso.

1. Ambulans membawa jenazah dari Surabaya menuju ke Jombang

Khawatir Bawa Jenazah COVID-19, Ambulans Tertahan di RSUD JombangAmbulans Nurul Hayat di depan kamar jenazah RSUD Jombang. IDN Times/zainul arifin

Teguh menceritakan, ia membawa jenazah berinisial RY (43) dari Surabaya menuju ke Kelurahan Kaliwungu, Jombang. Sedianya, jenazah tersebut dimakamkan Selasa malam itu juga. Namun, rencana itu gagal. Pihak kelurahan menganggap ada surat yang tidak lengkap.

"Saya datang di Kaliwungu (Jombang). Saya turun di rumah duka, langsung aparat desa (kelurahan) itu sudah ada yang datang bahwasanya jangan diturunkan dulu jenazah," ujar Teguh.

Dia kemudian diminta ke kelurahan. Saat berada di kelurahan, Teguh mengaku ditanya masalah surat, warga takut bahwa jenazah yang ia antarkan itu meninggal karena terjangkit COVID-19.

"Emang saat ini kan banyak kasus COVID-19. Takutnya kan ada penyakit yang menular atau apa, saya cuma ditanyaain surat pengantarnya," imbuhnya.

2. Mobil ambulans disemprot cairan disinfektan

Khawatir Bawa Jenazah COVID-19, Ambulans Tertahan di RSUD JombangRSUD Jombang tempat merawat pasien Covid-19. IDN Times/zainul arifin

Saat berada di Kelurahan Kaliwungu dan ditanya, Teguh menjawab ada surat-suratnya. Tetapi, yang membawa adalah keluarganya yang sedang dalam perjalanan menuju ke Jombang.

"Oh (surat) ada yang membawa keluarganya, masih otw ke sini," kata Teguh mengulangi ucapannya kepada pihak kelurahan.

Setelah itu, ambulans yang dibawa Teguh disemprot disinfektas. Keluarga RY lantas diminta meminta visum ke rumah sakit terdekat.

"Kalau ditolaknya itu enggak, mereka itu ketakutan. Makanya sampai mobilnya disemprot, saya bertiga juga mau disemprot juga. Saya bilang di Surabaya sudah gitu," sambungnya.

Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19, Penghulu di Jombang Pakai Helm dan Jas Hujan

3. RY meninggal dengan diagnosis sesak napas

Khawatir Bawa Jenazah COVID-19, Ambulans Tertahan di RSUD JombangIlustrasi jenazah. IDN Times/Mia Amalia

Teguh menyampaikan, sesuai riwayatnya yang ia dengar, RY meninggal karena jantung. Dia sempat mengalami gejala sesak napas lalu tak lebih dari satu jam berselang meninggal dunia.

Kerabat jenazah, Budi mengatakan, RY meninggal setelah menjalani perawatan di RS Muji Rahayu Surabaya. Sehari-hari RY bekerja sebagai sopir truk kontainer. Oleh keluarga, jenazah hendak dimakamkan di Kelurahan Kaliwungu.

“Kalau diagnosis RS Muji Rahayu meninggalnya karena DOA (Dead on Arrival). Gejalanya sesak napas. Begitu mengalami gejala tersebut kemudian meninggal,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Jombang Gempar, Kerangka Manusia Ditemukan di Kebun Tebu

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya