Makam Lily Wahid Berjarak 5 Meter dari Pusara Kiai Hasyim Asy'ari

Jenazahnya akan dibawa ke Jombang besok

Jombang, IDN Times - Lily Chodidjah Wahid, adik Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggal dunia, Senin (9/5/2022) di RSCM Jakarta. Jenazah Lily Wahid rencanya akan dimakamkan di makam keluarga Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur pada Rabu (10/5/2022). Pihak keluarga pun sudah menyiapkan lokasi untuk makam Lily.

"Besok (jenazah Lily Wahid) dimakamkan di sini (Kompleks makam keluarga pondok Pesantren Tebuireng),” ujar Mundzir Pondok Pesantren Tebuireng, H Lukman Hakim, dihubungi IDN Times, Senin (9/5/2022).

1. Dimakamkan di makam keluarga Pesantren Tebuireng 

Makam Lily Wahid Berjarak 5 Meter dari Pusara Kiai Hasyim Asy'ariRencana lokasi makam jenazah Lily Chodidjah Wahid di Pesantren Tebuireng Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Di makam keluarga Pesantren Tebuireng, Jombang terdapat makam keluarga besar Lily Chodidjah Wahid. Di antaranya makam Hadratussekh Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama sekaligus kakek Lily Wahid, kemudian makam ayahnya KH Abdul Wahid Hasyim dan makam saudaranya, yakni Gus Dur serta KH Sholahuddin Wahid alias Gus Sholah.

Lokasi makam Lily Wahid rencananya berada di sebelah tenggara (pojok timur dan selatan) dari makam Gus Dur. Jarak sekitar lima meter dari makam KH Hasyim Asy'ari.

"Depannya makam Kiai Maksum Ali atau samping makam Nyai Nadhifah," tambah Humas Pesantren Tebuireng Jombang, M Abror Rasyidin dalam keterangan tertulisnya.

2. Lily Wahid meninggal di usia 74 tahun 

Makam Lily Wahid Berjarak 5 Meter dari Pusara Kiai Hasyim Asy'ariUcapan duka wafatnya Nyai GK Lily Chodidjah Wahid. IDN Times/Humas Tebuireng

Lily Chodidjah Wahid lahir 4 Maret 1948. Ia merupakan anak kelima dari pasangan KH Wahid Hasyim dan Solichah Bisri Syansuri. Sebelum dimakamkan di Pesantren Tebuireng, Jombang, jenazah Lily Wahid disemayamkan terlebih dulu di rumah duka di kawasan Kota Wisata, Cibubur. Kemudian Sekitar pukul 05.00 WIB nanti jenazah Lily akan dibawa ke Jombang.

"Jenazah diberangkatkan dari Bogor besok pagi sekitar jam 05.00 WIB. Untuk proses pemakamannya masih belum tahu," ujarnya.

Baca Juga: Lily Wahid Akan Dimakamkan di Tebuireng Jombang Besok Sore

3. Lily Wahid Meninggal di RSCM Jakarta

Makam Lily Wahid Berjarak 5 Meter dari Pusara Kiai Hasyim Asy'ariNyai Hj Lily Chodidjah Wahid. Twitter.com/AlissaWahid

Sebelumnya, kabar duka Lily Wahid meninggal dunia disampaikan Abror melalui grup Whatsapp Humas Tebuireng pada Senin (9/5/2022).

Telah berpulang ke Rahamatullah
*Ibu Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim*
pada hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 16:28
di RSCM Jakarta.
Jenazah akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor.
inshaa Allah jenazah akan dimakamkan di pesantren Tebuireng Jombang besok berangkat dari rumah duka besok selasa 10 Mei 2022 pukul 05:00
Mohon dimaafkan kesalahan Beliau semasa hidupnya
Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fuanha...
Kel Besar Hj Lily Chodijah Wahid
Kel Besar A Wahid Hasyim.

Kabar duka tersebut juga dibagikan putri Gus Dur Alissa Wahid melalui akun Twitter pribadinya @AlissaWahid

"انا لله وانا اليه راجعون

Telah berpulang ke Rahmatullah
Ibu Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim pada hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 16:28 di Jakarta. Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha," tulis Alissa.

Baca Juga: Lily Wahid Meninggal, PWNU : Kami Kehilangan Perempuan Berpinsip

Zain Arifin Photo Community Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya