Sepanjang 2019, Risma dan Kota Surabaya Boyong 16 Penghargaan

Kinerja Risma diakui dunia, arek-arek Suroboyo kudune bangga

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikenal sebagai kepala daerah yang berprestasi. Kinerjanya membangun Kota Pahlawan selama dua periode telah diakui banyak pihak. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Setelah menjajaki pemberitaan mengenai penghargaan yang diperoleh Risma sepanjang 2019, IDN Times merangkum bahwa perempuan kelahiran Kediri ini telah memboyong 16 piagam penghargaan ke Surabaya. Nah, apa saja sih itu?

1. Tiga bulan pertama Risma raih empat penghargaan

Sepanjang 2019, Risma dan Kota Surabaya Boyong 16 PenghargaanWali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) dalam kampanye pencegahan anak stunting di Surabaya, Rabu (18/12). IDN Times/Fitria Madia

Alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini membuka 2019 dengan meraih tiga penghargaan sekaligus. Pada Januari 2019, Kota Surabaya berhasil memenangkan Adipura Kencana, Kinerja Pengurangan Sampah, dan Nirwasita Tantra. Tiga penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Cara Risma dalam mengelola sampah dan mencegah banjir di Surabaya menjadi kunci dalam memenangkan tiga penghargaan tersebut.

Sebulan berselang, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memberikan penghargaan kepada Risma secara personal karena perhatiannya pada dunia pendidikan.

2. April hingga Juni Risma raih dua penghargaan

Sepanjang 2019, Risma dan Kota Surabaya Boyong 16 PenghargaanWali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) dalam kampanye pencegahan anak stunting di Surabaya, Rabu (18/12). IDN Times/Fitria Madia

Pada April 2019, Kota Surabaya menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai bentuk apresiasi Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) 2018 dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2017. Apresiasi tersebut diberikan dalam rangka Hari Otonomi Daerah ke-XXIII yang diselenggarakan di Banyuwangi.

Kemudian, pada Mei 2019, Risma meraih penghargaan sebagai pejabat yang sadar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham). Hal itu disebabkan karena Risma banyak mendaftarkan temuan dan situs sejarah di Surabaya untuk memperolah HAKI.

Baca Juga: Bicara di Forum Perempuan di Turki, Presiden Erdogan Puji Risma

3. Risma panen penghargaan selama Juli 2019

Sepanjang 2019, Risma dan Kota Surabaya Boyong 16 Penghargaan(Walkot Surabaya Tri Risma Harini berfoto dengan tokoh perempuan dari berbagai negara) www.instagram.com/@tri.rishamaharini

Paruh ketiga tahun ini, tepatnya Juli 2019, Risma dan Surabaya panen penghargaan. Tercatat ada tujuh penghargaan nasional dan internasional yang berhasil diboyong. Apa saja?

Tujuh penghargaan tersebut antra lain:

- Women Empowerment Award (WEA) di Singapura
- Top 99 Sinovik (Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik) 2019
- Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2019 sektor Infrastruktur
- Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2019 sektor Pariwisata.
- Kota Layak Anak 2019 (Predikat Utama)
- Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) 
- Puskesmas Ramah Anak
- Penghargaan Pembina Forum Anak.

4. Dua penghargaan pada November 2019

Sepanjang 2019, Risma dan Kota Surabaya Boyong 16 PenghargaanWali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyalami Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan di sela-sela International Forum of Women in Local Government di Ankara, pada 11-12 Desember 2019. ANTARA/KBRI Ankara/pri.

November 2019 menjadi waktu terakhir Risma memperoleh penghargaan. Pertama, penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kota Surabaya berhasil mendapatkan Anugerah Kihajar 2019 karena menyediakan ruang belajar bagi anak-anak.

Selanjutnya, Kota Surabaya juga berhasil mendapat penghargaan dari Harian Surya Award 2019 untuk kategori Layanan Publik berbasis Digital.

Gimana nih arek Suroboyo, senang gak dengar wali kotanya raih banyak penghargaan sepanjang 2019?

Baca Juga: Antisipasi Banjir Surabaya Barat, Risma Buat Saluran di Dataran Tinggi

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya