Para Korban Pesawat Super Tucano Dimakamkan di 2 Lokasi

3 korban dimakamkan di Malang dan 1 korban di Madiun

Malang, IDN Times - Seluruh korban kecelakaan pesawat Super Tucano milik TNI AU di Gunung Kundi Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan pada Kamis (16/11/2023) rencananya akan dimakamkan hari ini. Keempat korban akan dimakamkan di 2 tempat berbeda yaitu Taman Makam Pahlawan (TMP) Surapati Kota Malang dan TMP Madiun.

Saat ini kegiatan persemayaman masih dilakukan di hanggar Lanud Abdulrahman Saleh. Rencananya pemakaman akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB. Tapi hingga saat ini belum ada tanda-tanda para jenazah diberangkatkan.

1. Hanya Mayor Penerbang Yuda Seta yang akan dimakamkan di TMP Madiun

Para Korban Pesawat Super Tucano Dimakamkan di 2 LokasiLiang lahan di TMP Surapati Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Tiga jenazah yang akan dimakamkan di TMP Surapati Kota Malang diketahui adalah Letkol Pnb Sandhra Gunawan, Kolonel Administrasi Widiono Hadiwijaya, dan Kolonel Penerbang Subhan. Sementara yang akan dibawa ke TMP Madiun adalah Mayor Penerbang Yuda Seta.

Saat ini keempatnya masih disemayamkan di Kanggar Skuadron 21 Lanud Abdulrahman Saleh Malang. Mereka rencananya akan dimakamkan pada pukul 09.00 WIB. Tiga jenazah akan dibawa iring-iringan untuk dimakamkan secara militer di TMP Surapati Kota Malang, sementara Mayor Penerbang Yuda Seta akan diterbangkan untuk mendapatkan upacara yang sama.

Jurnalis IDN Times yang sudah berada di TMP Surapati Kota Malang melihat sudah ada 3 liang lahat yang digali. Persiapan peralatan untuk upacara pemakaman secara militer juga telah tersedia.

"Benar tiga (jenazah) di TMP Surapati Malang. Sementara satu di TMP Madiun," terang Kepala Penerangan Lanud Abdulrahman Saleh Malang, Mayor Muchiddin saat dikonfirmasi pada Jumat (17/11/2023).

Baca Juga: 4 Orang Dipastikan Gugur dalam Jatuhnya Pesawat TNI di Pasuruan

2. Keempat korban pesawat TNI AU kemungkinan akan mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa

Para Korban Pesawat Super Tucano Dimakamkan di 2 LokasiSuasana terkini Lanud Abdulrahman Saleh. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati mengatakan jika para korban bisa jadi mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa. Saat ini pihak Lanud Abdulrahman Saleh masih merencanakan bagaimana upacara pemakaman dan siapa yang akan menjadi Inspektur Upacara (Irup).

"Sementara rencananya kita akan melaksanakan upacara pelepasan militer, tapi untuk jenazah yang mana dan siapa Irupnya belum dipastikan. Karena ada dua rencana, seandainya berhasil mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa, maka irup rencananya Wakil KSAU. Tapi bila tidak maka (kenaikan pangkat luar biasa) akan ditentukan kemudian," ujarnya.

3. Suasana duka mendalam di hanggar Skuadron 21 Lanud Abdulrahman Saleh Malang

Para Korban Pesawat Super Tucano Dimakamkan di 2 LokasiSuasana terkini Lanud Abdulrahman Saleh. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Agung juga mengkonfirmasi jika 3 jenazah akan dimakamkan di TMP Surapati Kota Malang, sementara 1 jenazah di TMP Madiun. Saat ini pihak Lanud Abdulrahman Saleh masih melakukan persemayaman di hanggar Skuadron 21. Sehingga suasana duka tampak sangat terasa di sana.

"Suasana berduka di sini, kita semua berduka. Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa," pungkasnya.

Baca Juga: Berulang, Pesawat Super Tucano Pernah Jatuh di Malang Tahun 2016

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya