4 Orang Dipastikan Gugur dalam Jatuhnya Pesawat TNI di Pasuruan

Dipastikan tidak ada korban selamat

Malang, IDN Times - Korban terakhir dalam tragedi jatuhnya pesawat TNI AU di Gunung Kundi Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan telah ditemukan. Ia adalah Letkol Penerbang Sandhra Gunawan. Sayangnya ia juga dinyatakan gugur dalam kecelakaan ini.

Artinya total ada 4 orang yang dinyatakan gugur dalam kecelakaan latihan formasi udara menggunakan pesawat Super Tucano pada Kamis (16/11/2023) siang. Selain Letkol Sandhra, mereka adalah Mayor Penerbang Yuda Seta, Kolonel Administrasi Widiono, Kolonel Penerbang Subhan.

1. Letkol Sandhra ditemukan pada pukul 19.00 WIB

4 Orang Dipastikan Gugur dalam Jatuhnya Pesawat TNI di PasuruanKepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati mengonfirmasi jika Letkol Sandhra telah ditemukan tidak jauh dari lokasi kecelakaan. Ia ditemukan oleh tim pencari pada pukul 19.00 WIB. Ia langsung dievakuasi dan jenazahnya dibawa ke Lanud Abdulrahman Saleh Malang.

"Ternyata pada jam 7 malam, jenazah Letkol Sandhra telah ditemukan dan menyusul dibawa ke Lanud Abdulrahman Saleh. Jadi semua korban telah ditemukan," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (16/11/2023).

Dengan ini, dipastikan tidak ada yang selamat dalam kecelakaan pesawat akibat menabrak tebing tersebut. 

2. Sebanyak 2 jenazah telah disemayamkan di Lanud Abdulrahman Saleh

4 Orang Dipastikan Gugur dalam Jatuhnya Pesawat TNI di PasuruanBangkai pesawat TNI AU yang jatuh di Pasuruan. (IDN Times/istimewa)

Saat ini, 2 orang jenazah telah sampai di Lanud Abdulrahman Saleh untuk disemayamkan. Kedua jenazah tersebut adalah Mayor Penerbang Yuda Seta dan Kolonel Penerbang Subhan. Sementara 2 jenazah lainnya masih dalam perjalanan ke Lanud Abdulrahman Saleh.

"Yang sudah sampai ada dua jenazah yaitu Subhan dan Seta Yuda, keduanya sudah dibawa ke rumah sakit lalu dibawa ke hanggar untuk disemayamkan. Sementara 2 lainnya akan menyusul, keduanya Widiono dan Sandhra," ujarnya.

3. Keempatnya akan dimakamkan secara militer esok pagi

4 Orang Dipastikan Gugur dalam Jatuhnya Pesawat TNI di PasuruanKepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Terakhir, Agung mengatakan jika keempat korban akan dimakamkan pada Jumat (17/11/2023) pagi. Mereka akan diberangkatkan menuju rumah duka dan dimakamkan secara militer.

"Akan dimakamkan besok pagi. Kami akan mengadakan acara pelepasan jenazah secara militer," pungkasnya.

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya