Mahasiswa Ditemukan Tewas Usai Tawuran di Belakang Kampus UMM

Tawuran membuat warung kopi di belakang UMM rusak

Malang, IDN Times - Warga di belakang kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) atau Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang digegerkan dengan aksi tawuran antara mahasiswa. Tawuran ini terjadi pada Minggu (25/06/2023) dini hari.

Nahasnya, usai tawuran tersebut ditemukan seorang mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang tergeletak tewas. Ia ditemukan tewas dalam kondisi dengan luka tusukan. Diketahui jika korban bernama Keisnael Murri (23) asal Sumba Barat Daya.

1. Polisi benarkan adanya korban meninggal usai tawuran di belakang kampus UMM

Mahasiswa Ditemukan Tewas Usai Tawuran di Belakang Kampus UMMWarung kopi yang jadi sasaran tawuran antar mahasiswa di Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama (

Kapolsek Karangploso, Iptu Bambang Subinanjar mengungkapkan jika kejadian ini bermula dari bentrokan antar mahasiswa di salah satu warung kopi belakang Kampus UMM pada Minggu dini hari. Bambang belum bisa memastikannya dari kelompok mana dua kubu mahasiswa yang bentrok ini.

"Benar ditemukan ada mahasiswa meninggal, awalnya yang menemukan satpam UMM. Ditemukan dalam kondisi tengkurap dengan ada beberapa luka," terangnya saat dikonfirmasi pada Minggu (25/06/2023).

Bambang menjelaskan jika kini kasus ini ditangani oleh Satreskrim Polres Malang. Seluruh saksi mata yang ada di lokasi juga sudah dibawa ke Satreskrim Polres Malang untuk dimintai keterangan.

Baca Juga: Mantan Napiter Bom Bali 1 Dapat Gelar Doktor dari UMM

2. Warga menceritakan kronologi tawuran yang terjadi di belakang kampus UMM

Mahasiswa Ditemukan Tewas Usai Tawuran di Belakang Kampus UMMLokasi penemuan mahasiswa Unitri yang tewas tertusuk. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama (

Salah satu penghuni kos di Desa Tegalgondo, Ilham, menceritakan jika kericuhan terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Ia saat itu ditelepon oleh salah satu kawannya yang bekerja di warung kopi di sekitar TKP (Tempat Kejadian Perkara). Kawannya itu meminta tolong bantuannya karena pintu warung kopi tersebut dilempari batu oleh kelompok mahasiswa yang melakukan kerusuhan.

Saat Ilham keluar dari kosan dan menuju warung kopi tersebut, ia melihat jika kericuhan tidak terjadi lagi. Tapi lokasi kejadian masih ramai dan adu mulut terjadi. Ia melihat ada sekitar 5 orang dari Indonesia Timur marah-marah.

"Kemudian saya melihat ada seseorang terkapar di sana bersimbah darah. Orang-orang yang marah-marah ini mencari pelaku yang menusuk pria yang terkapar tadi. Daya dengar kalau dia sudah meninggal," ucapnya.

Pria tersebut akhirnya baru dievakuasi sekitar pukul 03.00 WIB ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. Namun TKP masih tetap ramai oleh kawan-kawan korban yang mencari pelaku penusukan.

3. Setelah korban dievakuasi, keributan masih terjadi di TKP penusukan

Mahasiswa Ditemukan Tewas Usai Tawuran di Belakang Kampus UMMWarung kopi yang jadi sasaran tawuran antar mahasiswa di Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama (

Meskipun telah dievakuasi, ternyata kawan-kawan korban masih tidak terima karena pelaku penusukan belum tertangkap. Mereka melampiaskan emosi dengan merusak bangunan dan membakar kendaraan Yamaha All New R15, Honda Scoopy, dan mobil Honda Jazz yang ada di dalam warung kopi. 

"Awalnya warga dan perangkat desa juga gak tahu kalau ada penusukan. Soalnya mereka juga tidak melaporkan setelah kejadian penusukan itu. Tapi mungkin karena sudah telanjur emosi," tandasnya.

Usai melampiaskan emosinya, massa langsung meninggalkan TKP. Meskipun demikian, banyak properti milik warga yang mengalami kerusakan seperti kaca pecah hingga pintu rusak.

Baca Juga: Greget! Mahasiswi UMM Hadiri Wisuda Naik Kuda

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya