Lapas Kelas 1 Malang Dapat Kiriman Paket Ganja Misterius

Paket tersebut tergeletak di tanah begitu saja

Malang, IDN Times - Ada-ada saja cara bandar narkoba untuk menyelundupkan barang haramnya. Kali ini sebuah paket berisikan ganja ditemukan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Malang. Paket ganja ini berhasil diamankan sebelum bisa memasuki rumah oara tahanan di Kota Malang ini.

Paket ganja yang dibalut seperti paket kurir ini ditemukan di brandgang atau dua tembok pengamanan lapas. Lokasi ini sebenarnya menjadi sistem pengamanan di Lapas Kelas I Malang.

1. Paket ganja ini coba diselundupkan lewat sektor selatan Lapas Kelas 1 Malang

Lapas Kelas 1 Malang Dapat Kiriman Paket Ganja MisteriusPaket ganja kering yang coba diselundupkan ke Lapas Kelas 1 Malang. (Dok. Humas Polres Malang)

Kepala Lapas Kelas I Malang, Heri Azhari menjelaskan kalau penemuan paket ganja ini terjadi pada Sabtu (5/8/2023) oleh kepala regu pengamanan. Ganja ini terbungkus lakban kuning, sehingga tersamarkan layaknya paket-paket yang biasa diantarkan kurir pada umumnya.

Petugas curiga karena paket tersebut tergeletak di tanah tanpa ada pemiliknya. Petugas yang curiga langsung melapor pada Kepala Regu Pengamanan (Karupam). Ketika dicek, benar saja paket tersebut berisikan ganja kering.

"Yang menemukan adalah Wakil Kepala Regu Pengamanan (Wakarupam) C, Joko Sampurno yang melaksanakan kontrol keliling. Ganja tersebut terbungkus kertas cokelat dengan lakban berwarna kuning," terang Heri saat dikonfirmasi pada Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: 6,5 Kilogram Ganja Disita Polisi dari 3 Orang Pengedar di Malang

2. Ganja tersebut langsung diamankan ke Satnarkoba Polresta Malang Kota

Lapas Kelas 1 Malang Dapat Kiriman Paket Ganja MisteriusPaket ganja kering yang coba diselundupkan ke Lapas Kelas 1 Malang. (Dok. Humas Polres Malang)

Temuan ganja tersebut kemudian dilaporkan pada Satnarkoba Polresta Malang Kota. Diketahui kalau berat ganja tersebut sekitar 89,24 gram. Temuan tersebut lalu diserahkan pada jajaran Satnarkoba Polresta Malang Kota untuk ditindaklanjuti.

"Temuan ganja tersebut langsung kami serahkan pada Satnarkoba Polresta untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Diduga barang tersebut dilemparkan di brandgang," bebernya.

Ia bersyukur, barang haram tersebut sempat ditemukan petugas sebelum diterima oleh pemiliknya. Sehingga mereka akan memeriksa siapa pemilik barang tersebut apakah warga binaan atau bukan. Ia juga menyampaikan agar petugas lapas kini lebih waspada agar tidak kecolongan, pasalnya modus-modus penyelundupan narkoba ke Lapas Kelas 1 Malang terus saja dilakukan.

3. Satnarkoba Polres Malang masih lakukan penyelidikan

Lapas Kelas 1 Malang Dapat Kiriman Paket Ganja MisteriusPetugas yang menemukan paket ganja kering yang coba diselundupkan ke Lapas Kelas 1 Malang. (Dok. Humas Polres Malang)

Kasatnarkoba Polresta Malang Kota, Kompol Eka Wira Dharma Sibarani membenarkan temuan ganja di Lapas Kelas 1 Malang. Ia mengatakan kalau ganja tersebut sudah mereka bawa untuk dilakukan pemeriksaan.

"Memang ada temuan narkoba jenis ganja di lapas. Saat ini masih kami lakukan penyelidikan dan pengembangan," tandasnya.

Anak buahnya juga telah melakukan penyelidikan di sekitar lokasi penemuan. Ia berharap segera menemukan siapa pemilik dan penerima ganja ini.

Baca Juga: Over Kapasitas, Narapidana Lapas Banyuwangi Tinggal Berhimpitan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya