Over Kapasitas, Narapidana Lapas Banyuwangi Tinggal Berhimpitan

Pembangunan Lapas baru diharapkan segera dilakukan

Banyuwangi, IDN Times - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Banyuwangi, Jawa Timur, penuh. Tak hanya penuh, lapas dengan status kelas IIA ini  sudah melebihi kapasitas maksimalnya. Bahkan, penghuni Lapas ini lima kali lebih banyak dari kapasitasnya.

1. Kapasitas 200, dihuni oleh 1.000 orang

Over Kapasitas, Narapidana Lapas Banyuwangi Tinggal BerhimpitanIDN Times/ Agung Sedana

Menurut data yang disampaikan Kantor Wilayah Kemenhumkam Jawa Timur, bangunan lapas di Banyuwangi memiliki batas maksimal sekitar 260 penghuni. Namun saat ini ada sekitar 1000 lebih narapidana yang menempatinya. Kelebihan 700 lebih narapidana ini terpaksa ditempatkan berjejalan.

"Harus pntar-pintarnya Kalapas untuk melaksanakan pembinaan terhadap warga binaan sehingga lapas Banyuwangi tetap kondusif,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenhumkam Jatim, Imam Jauhari, dalam keterangannya sebagimana dikutip IDN Times, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga: Mengaku Haid, Perempuan Ini Selundupkan Narkoba ke Lapas Kediri

2. Lahan hibah masih kurang luas

Over Kapasitas, Narapidana Lapas Banyuwangi Tinggal Berhimpitanpixabay.com

Imam menyebut, Pemkab Banyuwangi sendiri sudah memberikan lahan sebagai sarana pembangunan lapas baru. Namun, lahan sekitar 2 hektare yang diberikan dinilai kurang luas. Menurut Imam, untuk menciptakan kondisi yang nyaman lapas membutuhkan lahan yang lebih luas lagi.

"Idealnya butuh sekitar 5 hektare. Dua hektare masih kurang, namun sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah setempat dan sedang mencarikan solusinya," kata Imam.

3. Usulan tambahan laham masih dikaji

Over Kapasitas, Narapidana Lapas Banyuwangi Tinggal BerhimpitanIDN Times/ Agung Sedana

Sementara dari Pihak Pemkab Banyuwangi, Sekda Mujiono mengatakan lokasi pembangunan lapas baru berada di Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi. Terkait luasan lahan, Pemkab Banyuwangi sedang mengkajinya lebih lanjut. Termasuk bagaimana arah pembangunan untuk pengembangan lebih lanjut nantinya.

"Sudah rembukan. Lahan sudah siap dan bisa digunakan untuk bangunan baru. Secepatnya semoga bisa terealisasi," kata Mujiono.

Baca Juga: Hujan Ekstrem di Banyuwangi Reda, Gunung Raung Kebakaran

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya