Kemarin Anies, Sekarang Ganjar Safari Politik ke Malang

Ganjar bercerita kedekatannya dengan KH Hasyim Muzadi

Malang, IDN Times - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo mendadak mengunjungi Kota Malang pada Jumat (13/10/2023). Ia dijadwalkan mengunjungi beberapa tempat di Kota Malang dari pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Ganjar Pranowo tidak sendirian saat mengunjungi Kota Malang, ia didampingi Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Ahmad Basarah, Bupati Malang Muhammad Sanusi, hingga Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. Ia juga tampak menyempatkan melakukan Sholat Jumat di Masjid Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Malang.

1. Ganjar Pranowo menceritakan bagaimana ia sangat dekat dengan KH Hasyim Muzadi

Kemarin Anies, Sekarang Ganjar Safari Politik ke MalangGanjar Pranowo saat bertemu para santri Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ganjar Pranowo saat tiba di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikam Kota Malang menceritakan bagaimana dirinya belajar banyak dari almarhum KH Hasyim Muzadi. Oleh karena itu, hari ini ia menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan keluarga KH Hasyim Muzadi.

"Saya dan Pak Ahmad Basarah pernah naik haji bersama dengan Pak Hasyim pada 2012. Saya ingat betul waktu itu beliau sebagai amirul hajj memberikan khutbah yang bagus sekali. Beliau menjelaskan ukuran haji itu mabrur seperti apa, biar kalau sepulang itu ada kesalahan sosial pada dirimu, itu ilmu yang luar biasa. Itu perubahan yang menurut saya orang menjadi lebih baik," terangnya.

Ganjar juga mengatakan ternyata hanya cerita tentang KH Hasyim Muzadi yang ia dengar dari keluarga besarnya. Ganjar merasa punya kedekatan dengan KH Hasyim Muzadi dan keluarga besarnya. Oleh karena itu, persaudaraan tersebut ingin ia jaga terus dengan jalan bersilaturahmi.

Baca Juga: Anies-Muhaimim Kembali Lakukan Safari Politik di Malang

2. Ganjar Pranowo kunjungi Kota Malang untuk bertemu Uskup hingga Ulama

Kemarin Anies, Sekarang Ganjar Safari Politik ke MalangGanjar Pranowo saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah menjelaskan jika sekitar pukul 09.00 WIB pagi, Ganjar Pranowo bertemu dengan Romo Henricus Pidyarto Gunawan di Pastoral Keuskupan Malang. Di sana, bersama para romo lain di Pastoral Keuskupan Malang ia bersilaturahmi dan bertukar pikiran. Dalam pertemuan tersebut mereka bersepakat untuk memperkuat persaudaraan sesama bangsa Indonesia.

Selanjutnya Ganjar melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Ponpes Al-Hikam untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar almarhum KH Hasyim Muzadi. Basarah mengatakan jika Ganjar Pranowo memiliki kedekatan dengan pondok pesantren ini karena hubungannya dengan KH Hasyim Muzadi.

"Kebetulan Pak Ganjar memiliki sejarah khusus dengan almarhum KH Hasyim Muzadi. Karena beliau dulu adalah pendamping KH Hasyim Muzadi yang maju sebagai Cawapres mendampingi Ibu Megawati pada 2004," bebernya.

3. Ganjar Pranowo melanjutkan perjalanan dengan bertemu butuh pabrik rokok dan mahasiswa di Malang

Kemarin Anies, Sekarang Ganjar Safari Politik ke MalangGanjar Pranowo saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ganjar Pranowo melanjutkan perjalanan untuk bertemu dengan buruh dari pabrik rokok di PT Karya Niaga Bersamabm di Jalan Terusan Batu Bara Nomor 27-29, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Ia datang sekitar pukul 13.00 WIB di pabrik produksi rokok merek Grendel ini.

"Setelah melaksanakan Sholat Jum'at, Pak Ganjar dijadwalkan bertemu dengan para buruh rokok di Blimbing, Malang," tandasnya.

Setelah itu, Ganjar Pranowo qkan bertemu dengan BEM Malang Raya pqda pukul 17.00 WIB. Namun giat ini wmsih tentatif dan belum diketahui lokasi pertemuannya ada di mana.

Baca Juga: Safari Politik Ganjar di Surabaya, dari Ponpes Sampai Ketemu Pengusaha

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya