Hutan Gunung Arjuno Kebakaran, Diduga Sengaja Dibakar Pemburu

Kini api mengarah ke wilayah Pasuruan

Malang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang melaporkan jika hutan di Gunung Arjuno mengalami kebakaran. Api telah menghanguskan Curah Sriti dan Bukit Linting yang merupakan wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Api kini terus merambat hingga ke wilayah Pasuruan.

BPBD Kabupaten Malang mengatakan jika pihaknya kesulitan memadamkan api. Pasalnya akses menuju lokasi kebakaran sangat ekstrim sehingga sulit diakses kendaraan bermuatan air.

1. Api yang membakar Gunung Arjuno sudah muncul sejak 3 hari yang lalu

Hutan Gunung Arjuno Kebakaran, Diduga Sengaja Dibakar PemburuDampak kebakaran di Gunung Arjuno. (Dok. Tahura Raden Soerjo)

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Muhammad Fuad menjelaskan jika titik api pertama kali muncul pada Sabtu (26/8/2023). Saat itu, terdapat 3 titik api yang ada di sekitar Bukit Budug Asu yang bisa langsung dipadamkan oleh tim gabungan.

Akan tetapi, api kembali muncul di sisi Curah Sriti dan Bukit Lincing. Petugas kesulitan melakukan pemadaman karena kemiringan tanah mencapai 60-70 derajat. Akibatnya, ratusan hektare vegetasi ludes terbakar.

"Jadi lokasi kebakaran sangat ekstrim. Hal ini menyulitkan tim pemadam, ditambah alang-alang yang mudah terbakar membuat api kian membesar," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (28/8/2023).

Hingga berita ini dinaikkan, api masih terus membakar hutan di Gunung Arjuno. Api terus merambat ke wilayah Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Kecepatan rambatan api kian bertambah karena angin yang berhembus kencang.

Baca Juga: Pendakian Gunung Arjuno Ditutup Usai Mahasiswa UB Meninggal

2. Tahura Raden Soerjo menduga kebakaran ini disebabkan oleh pemburu liar

Hutan Gunung Arjuno Kebakaran, Diduga Sengaja Dibakar PemburuDampak kebakaran di Gunung Arjuno. (Dok. Tahura Raden Soerjo)

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ajat Sudrajat mencium adanya ketidakberesan pada kebakaran kali ini. Ia menduga jika hutan Gunung Arjuno yang dikelola Tahura Raden Soerjo ini sengaja dibakar oleh pemburu liar.

"Berdasarkan dugaan kami, ya perburuan liar sengaja membakar. Ini jelas dibakar dengan sengaja," tegasnya.

Ajat menjelaskan kalau berdasarkan pantauan mereka, api pertama kali muncul pada Sabtu dini hari. Api pertama kali terlihat di Curah Sriti, Bukit Lincing, dan Budug Asu.

3. Medan yang ekstrim, pemadaman api dilakukan dengan alat seadanya

Hutan Gunung Arjuno Kebakaran, Diduga Sengaja Dibakar PemburuPetugas berusaha memadamkan kebakaran di Gunung Arjuno. (Dok. Tahura Raden Soerjo)

Ajat menambahkan jika tim gabungan pemadaman api melakukan tugasnya dengan alat seadanya. Sulitnya medan ditambah terbatasnya air membuat api sulit dijinakkan. Beberapa petugas bahkan hanya bermodalkan ranting pohon yang dipukul-pukulkan pada titik api.

Ia juga mengabarkan kalau sejumlah titik api di Kabupaten Malang sudah mulai padam, namum api mulai merambat ke wilayah Pasuruan. Ajat belum memastikan berapa hektare lahan yang telah terbakar, tapi ia menduga api telah menghanguskan ratusan hektare lahan hutan.

"Api saat ini mulai merambat le wilayah Purwodadi (Pasuruan). Kita belum hitung pasti (luas kebakaran), karena kita sekarang masih fokus pemadaman api dulu," pungkasnya.

Baca Juga: Pendaki Gunung Arjuno Meninggal, 8 Orang Diperiksa Polisi

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya