Hujan Es Mengguyur Sejumlah Titik di Kota Malang

Hujan es terjadi saat musim pancaroba di Kota Malang

Malang, IDN Times - Warga Malang mulai merasakan peralihan musim dari musim kemarau menuju musim penghujan. Perubahan ini ditandai dengan cuaca ekstrim, bahkan warga melaporkan di beberapa titik telah terjadi hujan es sejak Kamis (26/10/2023).

Berdasarkan laporan warga di Twitter, hujan berbentuk kerikil es terjadi di beberapa wilayah Kota Malang seperti Kalpataru, Tlogomas, hingga Jatimulyo. Ini membuat pengendara harus berlindung di rumah warga agar tidak terjadi kecelakaan.

1. BPBD Kota Malang membenarkan terjadi hujan es di wilayahnya

Hujan Es Mengguyur Sejumlah Titik di Kota MalangHujan es terjadi di Tlogomas, Kota Malang. (Twitter/@cak_sugenk)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Prayitno membenarkan jika Kota Malang mulai terjadi hujan es. Informasi ini juga dikonfirmasi oleh Prayitno dari anggotanya yang tersebar di lapangan. Berdasarkan laporan, hujan es terjadi di Kecamatan Blimbing dan Lowokwaru.

Ia menjelaskan jika fenomena oni terjadi karena wilayah Malang mengalami pancaroba atau perubahan musim dari kemarau menuju penghujan. Oleh karena itu, sejak 4 hari kebelakang wilayah Kota Malang selalu diguyur hujan.

"Berdasarkan laporan memang seperti itu (hujan es). Ini memang sedang terjadi cuaca ekstrim, tapi kita belum mendapatkan laporan resmi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (27/10/2023).

Baca Juga: Sidang Putusan 8 Arek Malang, Ratusan Orang Berdemo di PN Kota Malang

2. BPBD Kota Malang mengatakan penyebab hujan es bisa jadi dikarenakan hujan tidak merata

Hujan Es Mengguyur Sejumlah Titik di Kota MalangHujan es terjadi di Tlogomas, Kota Malang. (Twitter/@cak_sugenk)

Prayitno melanjutkan jika hujan es bisa jadi terjadi karena hujan di Kota Malang yang tidak merata. Ia sebelumnya mengatakan jika hujan hanya terjadi di Kecamatan Blimbing dan Lowokwaru, sementara di Sawojajar terang.

Ia menjelaskan jika hujan es di Kecamatan Lowokwaru terjadi di 3 lokasi yaitu di Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Mojolangu, Jalan Candi Panggung Kelurahan Mojolangu, dan Jalan Saxopone Kelurahan Tunggulwulung. Sementara di Kecamatan Blimbing ada di Jalan Ir H Juanda Kelurahan Jodipan dan Jalan Letnan Jenderal Sunandar Priyo Sudarmo Kelurahan Blimbing.

"Hukan juga menyebabkan genangan di sejumlah titik di Kota Malang. Iji juga alarm pada potensi bencana banjir yang 5 tahun belakangan sering terjadi di Kota Malang," bebernya.

3. BPBD Kota Malang juga menyampaikan potensi pohon tumbang

Hujan Es Mengguyur Sejumlah Titik di Kota MalangPohon tumbang di Jalam Raya Bandulan Kota Malang. (IDN Times/istimewa)

Prayitno juga mengatakan jika saat ini total sudah ada 5 kejadian pohon tumbang di Kota Malang. Diantara terjadi di Jalan Raya Bandulan, Jalan Priyo Sunandar Sudarmo, hingga Jalan Candi Panggung.

"Kalau penyebabnya rata-rata karena akar pohon yang sudah rapuh. Sehingga tidak sanggup menahan batang yang berat, sehingga roboh dan membahayakan pengendara kendaraan," tandasnya.

Oleh karena itu, BPBD Kota Malang telah mensosialisasikan mitigasi pada pohon tumbang kepada masyarakat. Masyarakat cukup mencatat mana saja pohon yang rawan tumbang, kemudian dilaporkan pada BPBD Kota Malang atau Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

Baca Juga: Kemarau Berlalu, BPBD Kota Malang Kini Siapkan Antisipasi Banjir

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya