HiAce Tabrak Truk di Tol Malang-Pandaan, 2 Orang Meninggal 

Diduga sopir truk mengantuk saat mengemudi

Malang, IDN Times - Kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol Malang-Pandaan (Mapam) KM 85.400A Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang pada Selasa (29/8/2023) siang. Kecelakaan ini melibatkan mobil Toyota HiAce dengan nomor polisi (nopol) W 7619 N dan sebuah truk jenis Isuzu NKR66 dengan nopol E 8879 BA.

Akibat kejadian ini, 2 orang meninggal dunia karena luka serius. Lalu lintas di Tol Mapan juga terganggu akibat kendaraan yang melintang di tengah tol.

1. Satlantas Polres Malang beberkan kronologi kejadian kecelakaan maut di Tol Mapan

HiAce Tabrak Truk di Tol Malang-Pandaan, 2 Orang Meninggal Proses evakuasi kecelakaan maut di Tol Mapan. (Dok. Satlantas Polres Malang)

Kasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita Manurung menjelaskan kalau kejadian ini bermula saat kendaraan HiAce yang dikendarai Moh Nafidz (23) warga Desa Tanggir, Kecamatan Sanggrahan, Kabupaten Tuban melaju dari arah Surabaya menuju Malang. Di dalam mobil ini terdapat 9 orang termasuk Nafidz. 

"Nafidz ini adalah sopir rental yang menjemput rombongan di daerah Sidoarjo, ada satu rombongan berisi 8 orang hendak menuju Masjid Tiban Turen untuk bertemu dengan saudaranya. Rencana rombongan ini mau jalan-jalan ke Malang," terang Agnis saat dikonfirmasi pada Selasa (29/8/2023).

Sesampainya Jalan Tol Malang-Pandaan (Mapam) KM 85.400A, di depan mobil Haice yang dikendarai Nafidz sudah ada truk yang dikendarai Subandi (52) warga Jalan Mentaraman, Desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Akan tetapi Nafidz tiba-tiba tidak bisa mengendalikan sehingga menabrak bagian belakang truk.

"Subadi berjalan di lajur kiri kemudian menyalakan lampu sein kanan hendak mendahului truck gandeng yang berjalan searah di depannya. Karena jarak sudah dekat sehingga terjadi tabrakan belakang antara kendaraan HiAce yang dikemudikan Nafidz dan truk Subandi," katanya. 

Kecelakaan ini membuat bagian depan mobil Haice mengalami kerusakan parah. Kaca bagian depan pecah seluruhnya, bumper dan kap mobil ringsek parah.

Baca Juga: Polemik Grha Wismilak, Rumah Bos PT Hakim Sentausa Malang Digeledah

2. Satlantas Polres Malang melaporkan ada 2 orang meninggal dunia dan 7 orang sisanya mengalami luka-luka

HiAce Tabrak Truk di Tol Malang-Pandaan, 2 Orang Meninggal Proses evakuasi kecelakaan maut di Tol Mapan. (Dok. Satlantas Polres Malang)

Agnis menjelaskan jika akibat kecelakaan ini sebanyak 2 orang penumpang microbus meninggal dunia. Keduanya adalah Syamiri Thairan (64) warga Desa Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat akibat luka di kepala dan patah tulang kaki kiri. Sementara satu korban meninggal lainnya adalah Rusiti Tairan (66) warga Desa Parit Setia, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang meninggal di Rumah Sakit (RS) Prima Husada Singosari akibat luka di kepala, patah tulang tangan kanan dan kedua kaki.

"Seluruh korban luka merupakan penumpang microbus diantaranya 2 orang dirawat di RSSA Kota Malang, 3 orang di RS Prima Husada Singosari dan 1 orang di RS Marsudi Waluyo. Sopir juga masih dalam perawatan karena juga mengalami luka-luka," ujar Agnis.

Keenam korban luka-luka diantaranya Mayani Tairan (68) warga Desa Sentebang, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas yang mengalami luka pada dada dan patah tulang kaki kiri, saat ini dirawat di RSSA Kota Malang. Rahmawati (50) warga Desa Sungai Pangkalan II, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat yang mengalami luka pada wajah dan saat ini dirawat di RSSA Kota Malang.

Rusminah (66) warga Desa Pelimpaan, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas yang mengalami patah tulang kaki kanan, luka pada bahu dan kepala, saat ini telah dirawat di RS Marsudi Waluyo Singosari.

Lutfiati Shofiatulail (21) Desa Sungai Pangkalan II, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat yang mengalami luka pada kaki kiri dan dirawat di RS Prima Husada Singosari. Sukamdi (61) Desa Sungai Pangkalan II, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang yang mengalami luka pada dada dan dirawat di RS Prima Husada Singosari. Nurhayati (70) warga Desa Lubuk Dagang, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas yang mengalami luka pada dada dan dirawat di RS Prima Husada Singosari.

3. Satlantas Polres Malang menduga penyebab kecelakaan adalah human error

HiAce Tabrak Truk di Tol Malang-Pandaan, 2 Orang Meninggal Polisi mengatur lalu lintas parca kecelakaan maut di Tol Mapan. (Dok. Satlantas Polres Malang)

Setelah kejadian ini, Satlantas Polres Malang langsung terjun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan langsung melakukan olah TKP. Mereka mengatur laku lintas dan mengevakuasi kedua kendaraan agar tidak terjadi kemacetan parah.

Sopir saat ini juga masih dalam perawatan karena juga mengalami luka-luka. Namun, Agnis menduga adanya unsur human error dalam kecelakaan yang menegaskan 2 orang ini.

"Diduga pengemudi Toyota HiAce pada saat berkemudi dalam kondisi mengantuk. Sehingga hilang kendali sesaat setelah truk pindah haluan untik menyalip mobil depannya," pungkasnya.

Baca Juga: Buron 5 Tahun, Koruptor Dana Desa di Malang Akhirnya Diringkus

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya