Gunung Arjuno Kembali Mengalami Kebakaran

Selama 2 bulan terjadi 2 kebakaran di Gunung Arjuno

Malang, IDN Times - Gunung Arjuno kembali mengalami kebakaran untuk kedua kalinya selama 2023. Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Gunung Arjuno terpantau telah menjalar hingga kawasan Gunung Ringgit pada Senin (23/10/2033). Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo telah bersiaga untuk memadamkan api. Namun, kondisi medan yang ekstrem membuat api kian meluas.

1. Api pertama kali muncul di Blok Garotan Ledug

Gunung Arjuno Kembali Mengalami KebakaranKebakaran di Gunung Arjuno kembali terjadi. (Dok. Tahura Raden Soerjo)

Kepala UPT Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi menceritakan jika api pertama kali muncul pada Minggu (22/10/2023) dari Blok Garotan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Ia menjelaskan jika kawasan ini adalah hutan milih Perhutani. Api kemudian merambah hingga ke wilayah Tahura Raden Soerjo pada Minggu sore atau tepatnya pada wilayah Gunung Ringgit.

Yudi mengatakan jika lokasi kebakaran bukanlah wilayah pendakian, oleh karena itu ia belum bisa memastikan apa penyebab kebakaran. Selain itu wilayah Gunung Ringgit juga masih jauh dari area pendaki menuju Gunung Arjuno. 

"Kita belum tahu kenapa api bisa muncul yang lokasinya jauh dari jalur pendakian, kita belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Karena api awalnya dari wilayah Ledug milik Perhutani," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (23/10/2023).

Baca Juga: Penanganan Karhutla Arjuno Lebih Sulit Dibandingkan Bromo

2. Gunung Ringgit terbakar 2 kali dalam setahun

Gunung Arjuno Kembali Mengalami KebakaranKebakaran di Gunung Arjuno kembali terjadi. (Dok. Tahura Raden Soerjo)

Yudi mengatakan jika sebelumnya wilayah Gunung Ringgit juga terdampak kebakaran saat Gunung Arjuno mengalami kebakaran hebat pada Agustus 2023 lalu. Kali ini wilayah ini juga kembali terbakar karena kemarau masih berlanjut di Jawa Timur.

Tahura Raden Soerjo kini telah mengirim dua tim untuk mengatasi Karhutla di Gunung Ringgit sejak Minggu malam. Pemadaman dilakukan secara manual dengan membuat sekat dan memukul-mukul api dengan alat seadanya.

"Kita belum bisa memastikan luas api yang sudah membakar hutan berapa, karwna kita fokus pemadaman saat ini. Tapi api kemungkinan akan mengarah ke wilayah (Kelurahan) Pecalukan," bebernya.

Namun, ia memastikan jika api kali ini lebih terkendali dari sebelum-sebelumnya. Pasalnya Yudi melihat jika asap kebakaran sudah mulai menipis. Ia berharap agar hujan juga turun di wilayah Gunung Arjuno seperti di Gunung Lawu.

3. Pendakian di Gunung Arjuno masih ditutup hingga saat ini

Gunung Arjuno Kembali Mengalami KebakaranKebakaran Gunung Arjuno dilihat dari Kabupaten Pasuruan. (IDN Times/istimewa)

Yudi melanjutkan jika pendakian di Gunung Arjuno-Welirang belum dibuka kembali sejak Agustus 2023 karena kebakaran hebat waktu itu. Ia juga belum dipastikan kapan Gunung Arjuno-Welirang akan dibuka kembali karena ternyata masih saja muncul api di wilayahnya.

"Gunung Arjuno-Welirang memang belum dibuka sejak kebakaran 2 bulan lalu. Belum bisa dipastikan lagi kapan pendakian akan dibuka kembali," pungkasnya.

Baca Juga: Karhutla Gunung Arjuno Mencapai 4.825 Hektare

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya