Dewanti Ceritakan Eddy Rumpoko Meninggal Usai Makan Bubur Ayam

Eddy Rumpoko sempat menelpon istrinya sebelum meninggal

Batu, IDN Times - Mantan Wali Kota Batu periode 2007-2017, Eddy Rumpoko meninggal dunia pada Kamis (30/11/2023) pagi. Ia meninggal usai menjalani perawatan di RS Karyadi Semarang. Penyebab kematian Eddy sempat simpang siur, antara keracunan sambal hingga diabetes. Kabar ini kemudian dijawab langsung oleh istrinya, Dewanti Rumpoko usai pemakaman sang suami di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Batu.

1. Dewanti menceritakan jika suaminya meninggal usai menyantap bubur ayam bersama kawan-kawannya

Dewanti Ceritakan Eddy Rumpoko Meninggal Usai Makan Bubur AyamDewanti Rumpoko usai mengantar suaminya ke TMP Kota Batu. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dewanti menceritakan jika suaminya awalnya memesan bubur ayam untuk dirinya dan kawan-kawannya di Lapas (Lembaga Permasyarakatan) Kedungpane Semarang. Ia memesan 5 bungkus bubur ayam yang dibawa masuk ke dalam Lapas.

"Sepertinya salah makan sampai dehidrasi kemudian dirujuk ke RS semalam. Bapak itu pesan bubur ayam beli 5 sama teman-temannya. Terus yang 3 pakai sambel yang 2 nggak pakai sambel, yang 3 ini kena diare semua, tapi bapak yang agak parah," terangnya.

Sehingga ada dugaan jika Eddy mengalami keracunan akibat sambal di bubur ayam tersebut. Pasalnya pria 63 tahun ini tidak memiliki riwayat penyakit lambung.

2. Eddy Rumpoko sempat menelpon Dewanti, sempat bercanda ingin pulang ke Kota Batu

Dewanti Ceritakan Eddy Rumpoko Meninggal Usai Makan Bubur AyamDewanti Rumpoko usai mengantar suaminya ke TMP Kota Batu. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dengan wajah sendu, Dewanti menceritakan jika keduanya masih sempat berbincang secara normal pada Rabu (29/11/2023) malam sebelum Eddy dilarikan ke rumah sakit. Keduanya masih berbincang dengan normal, bahkan Eddy sempat bercanda dengan sang istri.

"Tadi malam bapak masih guyon (bercanda) dengan bilang aku habis ini mau pulang ke Batu. Saya pikir bapak ini halu, tapi ternyata memang benar pulang ke Batu," ucapnya. Karena masih dalam kondisi sehat ini, Dewanti sama sekali tidak menyangka jika pria berkacamata ini akan meninggalkan dirinya selama-lamanya. 

Baca Juga: Eddy Rumpoko Wafat, Sempat Diare

3. Dewanti mengatakan sudah ikhlas dengan kepergian suaminya

Dewanti Ceritakan Eddy Rumpoko Meninggal Usai Makan Bubur AyamProsesi pemakaman Eddy Rumpoko di TMP Kota Batu. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dengan mata yang asik bengkak, Dewanti mengatakan jika ia sudah ikhlas dengan kepergian Eddy Rumpoko. Ia mengantarkan Eddy ke liang lahat bersama ketiga anaknya di TMP Kota Batu.

"Mungkin sudah jalannya ya inilah bapak rasanya sudah ikhlas, saya pun terima begitu ikhlas. Doakan untuk bapak," tandasnya.

Baca Juga: Pemakaman Eddy Rumpoko Diwarnai Hujan Deras

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya