Pemakaman Eddy Rumpoko Diwarnai Hujan Deras

Eddy Rumpoko dimakamkan di TMP Kota Batu

Batu, IDN Times - Jenazah mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko yang tiba dari RS Karyadi Semarang akhirnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Batu, Kamis (30/11/2023). Sebelumnya, jenazah Eddy disemayamkan di rumah duka di Jalan Trunojoyo Nomor 13, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Hujan deras mewarnai pemakaman pria kelahiran Manado itu.

1. Jenazah Eddy Rumpoko tiba di rumah duka pada pukul 13.30 WIB

Pemakaman Eddy Rumpoko Diwarnai Hujan DerasProsesi pemakaman Eddy Rumpoko di TMP Kota Batu. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Berdasarkan pemantauan jurnalis IDN Times, ambulans dari RS Karyadi Semarang yang mengangkut jenazah Eddy Rumpoko tiba di rumah duka sekitar pukul 13.30 WIB. Setelah disemayamkan beberapa saat, jenazah Eddy langsung disalatkan di Masjid Sugiono Balai Kota Among Tani.

Jenazah kemudian tiba di TMP Kota Batu pada pukul 14.50 WIB diantarkan oleh sanak saudara. Kondisi TMP saat pemakaman berjalan dengan hujan deras diikuti petir. Meskipun demikian, prosesi pemakaman tetap berjalan seperti yang dijadwalkan.

Tampak juga beberapa tokoh hadir di pemakaman ini seperti Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, Kapolresta Kota Malang Kombespol Budi Hermanto, Kapolres Batu AKBP Oskar Syasmsuddin, hingga mantan Menteri BUMN RI, Dahlan Iskan.

2. Pj Wali Kota Batu melihat sosok Eddy Rumpoko sebagai orang yang amanah

Pemakaman Eddy Rumpoko Diwarnai Hujan DerasProsesi pemakaman Eddy Rumpoko di TMP Kota Batu. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Aries Agung Paewai mengatakan jika sosok Eddy Rumpoko sebagai sosok yang amanah. Ia mengatakan ini karena melihat perkembangan Kota Batu yang ia pimpin dari 2007 hingga 2017.

"Kesejahteraan warga Kota Batu meningkat baik dari sektor pertanian dan sektor-sektor lain. Beliau merupakan sosok pemimpin yang luar biasa, bukan hanya bagi Kepala OPD namun bagi seluruh masyarakat Kota Batu," terangnya. Oleh karena itu, ia mengatakan sangat menghormati Eddy Rumpoko hingga saat ini. Ia bahkan ikut mengantarkan jenazah Eddy hingga ke liang lahat.

Baca Juga: Jenazah Eddy Rumpoko akan Dimakamkan di TMP Kota Batu

3. Begini sosok Eddy Rumpoko di mata Punjul Santoso

Pemakaman Eddy Rumpoko Diwarnai Hujan DerasProsesi pemakaman Eddy Rumpoko di TMP Kota Batu. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Wakil Wali Kota Batu periode 2012-2017 dan 2017-2022, Punjul Santoso juga tampak menghadiri prosesi pemakaman Eddy Rumpoko. Punjul diketahui merupakan Wakil Wali Kota Batu era Eddy Rumpoko pada 2012-2017 dan Wakil Wali Kota era Dewanti Rumpoko pada 2017-2022. Ia merasa sangat kehilangan karena sosok Eddy yang luar biasa.

"Beliau sosok yang sederhana tetapi mempunyai visi misi kedepan yang luar biasa. Dengan kepergian beliau, mudah-mudahan keluarganya diberi ketabahan, diberi kesehatan, diberi umur panjang," ucapnya.

Ia mengatakan jika warga Kota Batu merasa kehilangan dengan kepergian Eddy Rumpoko. Karena selama ini Eddy senantiasa turun ke bawah, mengedukasi masayarakt, dan menampung aspirasi masyarakat. "Oleh sebab itu, kami merasa kehilangan. Semoga beliau ditempatkan di sisi Allah," pungkasnya.

Baca Juga: Eddy Rumpoko Wafat, Sempat Diare

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya