Diterjang Badai, Festival Desa di Kota Batu Dibatalkan

Arena Venue Porak Poranda

Batu, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang menghantam wilayah Kota Batu pada Selasa (5/12/2023). Kondisi ini membuat Festival Desa Kota Batu yang awalnya akan diselenggarakan di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu urung dilaksanakan. Pasalnya, venue acara porak poranda diterjang badai.

Beredar video Festival Desa Kota Batu diterjang badai membuat venue acara porak poranda. Terlihat tenda yang sudah dibangun roboh akibat diterjang angin kencang, para peserta dan panitia juga berteriak histeris saking parahnya kejadian ini.

Baca Juga: Eks Wali Kota Batu Wafat, Khofifah Doakan Bersama Kades se-Jatim

1. Kepala Desa Sumbergondo membenarkan kejadian badai menghancurkan venue acara Festival Desa Kota Batu

Diterjang Badai, Festival Desa di Kota Batu DibatalkanBadai angin saat Festival Desa di Kota Batu. (IDN Times/istimewa)

Kepala Desa Sumbergondo, Hadi Purwanto membenarkan kejadian yang menimpa Festival Desa Kota Batu yang akan diselenggarakan di desanya. Akibat kejadian ini, acara yang seharusnya digelar sore hari ini menjadi batal digelar. Padahal seluruh persiapan mulai dari panggung, tenda, hingga backdrop sudah dipasang dengan rapi.

"Kejadiannya terjadi sekitar pukul 14.30 WIB selama 15 menit, tapi dampak badai ini membuat beberapa perangkat di venue termasuk terop ambruk. Jadi kami putuskan untuk membatalkan acara untuk mencegah hal tak diinginkan," terangnya saat dikonfirmasi via telepon.

Hadi mengatakan jika panggung, tenda, dan backdrop yang telah dipasang oleh panitia ambruk. Sehingga tidak memungkinkan untuk kembali didirikan meskipun hujan telah reda.

2. Festival Desa Kota Batu awalnya akan dihadiri oleh Pj Wali Kota Batu

Diterjang Badai, Festival Desa di Kota Batu DibatalkanBadai angin saat Festival Desa di Kota Batu. (IDN Times/istimewa)

Hadi mengungkapkan jika Festival Desa Kota Batu sudah dijadwalkan akan dihadiri oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. Tapi dengan kejadian ini Aries batal datang ke sana, begitupun acara juga dibatalkan meskipun tinggal beberapa jam saja acara akan dimulai.

"Awalnya Bapak Wali Kota Batu akam hadir ke sini untuk menghadiri kegiatan budaya sekaligus launching tarian khas Desa Sumbergondo. Tapi karena musibah ini semuanya batal dilaksanakan," ucapnya.

Hadi belum bisa memastikannya apakah kegiatan Festival Desa Kota Batu di Desa Sumbergondo akan dijadwalkan ulang. Kini mereka masoh fokus merapikan material yang diterjang badai.

3. Kepala Desa Sumbergondo memastikan tidak ada korban dari kejadian ini

Diterjang Badai, Festival Desa di Kota Batu DibatalkanBadai angin saat Festival Desa di Kota Batu. (IDN Times/istimewa)

Hal yang disyukuri Hadi dalam kejadian ini adalah tidak ada korban akibat kejadian ini. Namun, ia belum bisa menghitung total kerugian akibat terjangan badai dan pembatalan acara Festival Desa Kota Batu.

"Yang patut disyukuri adalah tidak ada korban jiwa maupun korban luka. Karena badai datang sebelum acara dimulai, jadi belum banyak orang di sana, hanya ada beberapa warga dan panitia," tandasnya.

Baca Juga: Emil Prediksi Kota Batu Tetap Dipadati Wisatawan saat Musim Politik

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya