Emil Prediksi Kota Batu Tetap Dipadati Wisatawan saat Musim Politik

Pemkot Batu targetkan 10 juta wisatawan pada 2023

Batu, IDN Times - Kota Batu kian menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang positif setelah pandemik COVID-19. Perekonomian Kota Batu yang ditopang oleh sektor pariwisata kini mulai menggeliat kembali. Dilaporkan kini sudah lebih dari 7 juta wisatawan masuk ke wilayah Kota Batu.

Kini musim politik kian dekat, sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi perekonomian Kota Batu yang sudah tumbuh. Namun, keraguan ini diprediksi tidak akan terjadi karena kegaduhan politik tidak mempengaruhi pengunjung ke kota apel ini.

1. Pemprov Jatim yakin jika wisatawan di Kota Batu akan kian ramai saat musim politik

Emil Prediksi Kota Batu Tetap Dipadati Wisatawan saat Musim PolitikWakil Gubernur Jatim Emil Dardak. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak optimis jika wisatawan di Jawa Timur akan berlibur di wilayah destinasi wisata unggulan. Pasalnya mereka pasti telah penat dengan dinamika politik. Oleh karena itu, Kota Batu akan jadi tempat yang ideal untuk healing.

"Saat ini kebutuhan masyarakat untuk healing sudah tidak bisa ditunda jadi mau pemilu, mau apa, yang penting masyarakat tahu, aman, dan nyaman. Jadi silakan nikmati liburannya dengan tertib," terangnya saat berkunjung di Kota Batu pada Jumat (24/11/2023).

Emil Dardak juga mengingatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu untuk bersiap dengan kedatangan wisatawan yang akan berbondong-bondong ke wilayah Kota Batu. Pasalnya kini libur Natal dan Tahun Batu (Nataru) kian dekat.

"Kita sudah berkomunikasi dengan Forkopimda dan Polantas untuk SOP pengaman Nataru. Jadi masyarakat juga perlu tenang, karena pemerintah senantiasa melakukan koordinasi bukan hanya soal kelancaran lalu lintas, tapi juga soal Kamtibmas," ucapnya.

Baca Juga: Gunung Panderman Kota Batu Kebakaran, Diduga karena Sambaran Petir

2. PJ Wali Kota Batu menyampaikan jika hotel-hotel di Kota Batu juga kian penuh

Emil Prediksi Kota Batu Tetap Dipadati Wisatawan saat Musim PolitikPJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

PJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengungkapkan jika pada 2023 mereka menargetkan 10 juta wisatawan di Kota Batu. Dan saat ini jumlah wisatawan sudah mencapai 7 juta orang, sehingga mereka optimis target ini alam terpenuhi hingga akhir tahun.

"Hotel-hotel di Kota Batu juga mulai penuh, satu hotel bisa menampung 50-100 orang. Kita bersyukur karena ini bisa memberikan dampak pada perekonomian masyarakat Kota Batu," ujarnya.

Aries mengatakan jika saat ini jumlah destinasi wisata di Kota Batu mulai bertambah. Bahkan, Pasar Induk Among Tani yang baru saja diresmikan bisa dijadikan destinasi wisata baru. Masyarakat bisa menjadikan Pasar Induk Among Tani sebagai destinasi wisata belanja dengan membawa pulang berbagai produk-produk pertanian hingga kerajinan warga Kota Batu.

"Pada 2024 kita akan kembangkan Kota Batu pada destinasi wisata tematik. Jadi setiap bulan pasti ada event, kemudian nanti pada pertengahan Desember 2023 kita akan lakukan kegiatan doa bersama dan perayaan tahun baru di Pasar Induk Among Tani," bebernya.

3. Aries tegaskan jika Kota Batu aman dikunjungi saat musim politik

Emil Prediksi Kota Batu Tetap Dipadati Wisatawan saat Musim PolitikPJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Aries juga melanjutkan jika Kota Batu aman untuk dikunjungi saat musim politik. Ia menegaskan jika dinamika perpolitikan tidak berpengaruh pada keasrian kota apel ini. Oleh karena itu, ia meyakinkan agar wisatawan dan warga Kota Batu tidak perlu khawatir.

"Kota Batu ini tempatnya orang istirahat dan healing, tidak perlu mikir politik di sini. Saya yakin orang yang berada di Kota Batu untuk mencari ketenangan, hiburan, dan kebahagiaan," pungkasnya.

Baca Juga: 20 Jam Kebakaran di TPA Tlekung Kota Batu, Api Belum Bisa Dijinakkan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya