Carok di Pasuruan, 3 Orang Kritis

Carok terjadi antara 1 lawan 2 orang

Malang, IDN Times - Peristiwa nahas terjadi di Desa Alastlogo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Tiga orang warga terluka parah akibat melakukan carok 2 lawan 1. Ketiganya adalah Supardi (40), Barham (22) dan Sugiantoro (33).

Kronologi kejadian carok ini terjadi pada Kamis (26/01/2023) pukul 17.00 WIB, saat itu Supardi tengah berziarah di makam keluarganya. Tiba-tiba ia didatangi oleh 5 orang termasuk Barham dan Sugiantoro.

"Tiba-tiba Pardi ini diserang oleh dua orang yang bernama Barham dan Sugiantoro. Sementara tiga orang sisanya hanya menonton saja," terang Kapolsek Lekok, AKP Agung Sujatmiko sata dikonfirmasi pada Jumat (27/01/2023).

Supardi pada awalnya tidak siap dan tidak membawa senjata. Tapi ia kemudian berhasil merebut senjata salah seorang penyerang. Sehingga pertarungan senjata tajam (celurit) antara ketiganya tidak terhindarkan.

1. Ketiganya mengalami luka serius

Carok di Pasuruan, 3 Orang KritisKorban carok di Pasuruan saat dibawa ambulans. (Dok. Polsek Lekok)

Pertarungan ketiganya berakhir dengan luka serius yang diderita masing-masing. Supardi mengalami luka di bagian wajah, lengan, dan kaki. Barham mengalami luka pada kepala. Sementara Sugiantoro tertancap senjata tajam di punggungnya.

Ketiganya langsung dibawa ke rumah sakit yang berbeda-beda Supardi dibawa ke Rumah Sakit (RS) dr Soetomo Surabaya. Barham dibawa ke RSUD Grati. Sementara Sugiantoro dibawa ke RS R Soedarsono Pasuruan untuk dilakukan operasi pelepasan celurit.

"Supardi dan Barham kondisinya kritis hingga saat ini. Sementara Sugiantoro harus menjalani serangkaian operasi untuk mencabut celurit," ungkap Agung.

Baca Juga: Pelaku Pembakar Santri Pasuruan Diancam Hukuman 5 Tahun Penjara

2. Langsung melakukan olah TKP

Carok di Pasuruan, 3 Orang KritisIlustrasi motor dicegat senjata tajam. (IDN Times/Mardya Shakti)

Usai kejadian tersebut, Polsek Lekok dibantu jajaran Polres Pasuruan Kota langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengetahui fakta sebenarnya dari kejadian tersebut. Mereka juga melakukan upaya agar kejadian susulan tidak terjadi.

Pihaknya juga memeriksa saksi-saksi yang menyaksikan kejadian nahas tersebut. Termasuk 3 orang yang mendatangi Supardi saat carok tersebut berlangsung.

3. Mendalami motif

Carok di Pasuruan, 3 Orang KritisIlustrasi mobil ambulans. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Polsek Lekok juga belum bisa memastikan motif apa yang membuat ketiganya nekat melakukan carok. Ketiganya juga belum jisa dimintai keterangan karena masih menjalani perawatan medis di rumah sakit.

"Kita masih mengumpulkan data-data dan keterangan saksi. Jadi kita belum bisa memberi penjelasan pastinya kenapa bisa terjadi (carok)," beber Agung.

Pihak Polres Pasuruan Kota juga belum bisa memberi keterangan lebih lanjut saat dikonfirmasi. Kasi Humas Polres Pasuruan Kota, Iptu Merdhania Pravita meminta awak media sabar.

"Tiga orang yang terlibat (carok) masih dilakukan perawatan. Jadi nanti kalau ada perkembangan akan kami sampaikan," pungkasnya.

Baca Juga: Santri Korban Pembakaran Senior di Pasuruan Meninggal Dunia

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya