Renovasi Kanjuruhan Diprediksi Selesai Lebih Cepat dari Target

Progres renovasi sekarang mencapai 20 persen

Malang, IDN Times - Pengerjaan renovasi Stadion Kanjuruhan terus dikebut oleh PT Waskita Karya (Persero). Terpantau, pekerja konstruksi yang bekerja siang malam membongkar stadion berkapasitas 38 ribu penonton ini.

Berdasarkan perkembangan proses renovasi, diperkirakan jika renovasi ini akan berjalan lebih cepat. Sehingga masyarakat bisa melihat stadion ini dengan wajah baru sebelum 2024 berakhir.

Baca Juga: Kapolda Jatim Janji Bantu Anak Korban Kanjuruhan Jadi Polisi

1. PT Waskita Karya mengatasi jika proses renovasi sudah berjalan 20 persen

Renovasi Kanjuruhan Diprediksi Selesai Lebih Cepat dari TargetKapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana saat memantau situasi Stadion Kanjuruhan. (Dok. Humas Polres Malang)

Renovasi Stadion Kanjuruhan dimulai sejak 20 September 2023, pengejaran dimulai dengan melakukan pembongkaran konstruksi bangunan. Project Manager Renovasi Stadion Kanjuruhan dari PT Waskita Karya, Vino Teguh Pramudya awalnya memperkirakan jika pengerjaan renovasi akan berjalan 8 persen pasa 31 Desember 2023, tapi ternyata progresnya berjalan lebih cepat.

"Pada awalnya kita rencanakan pada akhir tahun renovasi berjalan 8 persen, tapi Alhamdulillah Sekar sudah berjalan 20 persen. Sehingga diprediksi akan selesai lebih cepat nanti," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (2/1/2024).

Selama pengerjaan renovasi Stadion Kanjuruhan, ia mengatakan tidak ada kendala berarti. Pengerjaan stadion berjalan sangat lancar, alasan itu juga yang membuat progres renovasi berjalan melebihi target.

2. PT Waskita Karya memprediksi renovasi Stadion Kanjuruhan selesai sebelum Desember 2023

Renovasi Kanjuruhan Diprediksi Selesai Lebih Cepat dari TargetPenampakan proses renovasi Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Vino menjelaskan jika saat ini yang belum dikerjakan adalah fasad atau muka bangunan, pemasangan monoblock, hingga pemasangan singgle seat. Pengerjaan ini terus dikebut, bahkan saat malam pergantian tahun mereka masih terus bekerja dari siang hingga pukul 00.00 WIB.

"Untuk progres 80 persen terus kita kejar, kita lakukan percepatan pembangunan. Kalau kontrak kita sebenarnya selesai Desember 2024, tapi bisa jadi (renovasi stadion) selesai sebelum itu," bebernya.

Tapi satu yang mereka perhatikan adalah memperkuat struktur stadion. Termasuk melakukan perombakan lapangan agar sesuai dengan standar FIFA.

3. Saat ini PT Waskita Karya tengah memperbaiki lampu Stadion Kanjuruhan

Renovasi Kanjuruhan Diprediksi Selesai Lebih Cepat dari TargetDesain terbaru Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Vino mengatakan jika mereka saat ini tengah melakukan perbaikan pada lampu stadion. Ia mengatakan jika dilakukan perombakan agar pencahayaan di dalam stadion sesuai dengan standar FIFA.

"Kita juga menambah ketinggian lampu yang awalnya 20 meter menjadi 40 meter. Lampu di tribun juga diperbaiki dan ditambah dayanya," tandasnya.

Lampu Stadion Kanjuruhan memang menjadi perhatian serius, pasalnya pencahayaan yang belum standar menjadi salah satu pemicu Tragedi Kanjuruhan. Awalnya lampu Stadion Kanjuruhan memiliki daya 1250 lux, padahal standar FIFA adalah 1.500 sampai 2.000 lux.

Baca Juga: Viral Poster AI Tragedi Kanjuruhan, Tim TATAK Terharu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya