Renovasi Alun-alun Tugu Malang Telan Rp5 M, Ditarget Selesai Cepat

Pengerjaan renovasi sudah mencapai 30 persen

Malang, IDN Times - Alun-alun Tugu Malang tengah menjalani masa renovasi yang menelan biaya sekitar Rp5,3 miliar dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Alun-alun bersejarah di Kota Malang ini ditargetkan akan selesai 120 hari sejak pengerjaan pada 15 Mei 2023.

Alun-alun Tugu Malang sendiri ternyata adalah peninggalan bouwplan II pembangunan Kota Malang yang dilakukan pemerintah Belanda untuk mempercantik kota. Setelah Belanda tersingkir, dibangunlah Tugu Malang di tengah-tengah taman tersebut pada 1946, dan diresmikan pada 17 Agustus 1946 yang dihadiri langsung oleh Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno.

1. Pemkot Malang ingin mempercantik dan menjadikan Alun-alun Tugu Malang ramah disabilitas

Renovasi Alun-alun Tugu Malang Telan Rp5 M, Ditarget Selesai CepatProgres renovasi Alun-alun Tugu Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Pemkot Malang melakukan renovasi besar-besaran pada Alun-alun Tugu Malang ternyata memiliki alasan tersendiri. Pasalnya Alun-alun Tugu Malang belum ramah pada disabilitas. Oleh karena itu, mereka melakukan renovasi agar pengguna kursi roda hisa menikmati Alun-alun Tugu Malang nantinya.

"Jadi pada entri poin akan ada kayak patok, fungsinya agar teman-teman disabilitas yang menggunakan kursi roda bisa masuk ke arah yang sama. Perencanaannya harapan kami tidak cuma pengunjung yang bisa menikmati, tapi juga penyandang disabilitas khususnya pengguna kursi roda," terang Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya saat dikonfirmasi pada Selasa (01/08/2023).

Memang Alun-alun Tugu Malang cukup sulit diakses oleh pemakai kursi roda karena banyak tangga-tangga. Alun-alun tersebut juga jarang dikunjungi orang karena kurang menarik.

Baca Juga: BMKG Perkiraan Puncak Suhu Dingin di Malang Terjadi pada Agustus 2023

2. Pengerjaan Alun-alun Tugu Malang telah berjalan 30 persen

Renovasi Alun-alun Tugu Malang Telan Rp5 M, Ditarget Selesai CepatProgres Alun-alun Tugu Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Noer mengatakan jalau saat ini pengerjaan Alun-alun Tugu Malang sudah mencapai 30 persen. Ini melebihi target mereka, yang mana pada akhir Juli 2023 target pengerjaan renovasi ini adalah 27 persen. Ia yakin alun-alun ini akan selesai sebelum 120 hari.

Saat ini para pekerja tengah berfokus mengerjakan area trotoar Alun-alun Tugu Malang. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan mekanik kelistrikan agar bisa dipasang lampu-lampu yang cantik.

"Kemarin untuk harmonisasi saluran sudah diselesaikan. Kemudian sekarang penggestingan untuk banker dan pembangunan mekanik elektrikal. Lalu GTS Panel untuk banker sebagai pendukung mekanik elektrikal juga telah dilakukan," bebernya.

3. Pemkot Malang optimis Alun-alun Tugu Malang selesai lebih cepat

Renovasi Alun-alun Tugu Malang Telan Rp5 M, Ditarget Selesai Cepatngalam.co

Proses renovasi Alun-alun Tugu Malang yang berjalan cepat membuat Pemkot Malang optimis proyek ini akan selesai lebih cepat. Oleh karena itu, kontrak antara Pemkot Malang dan pemenang tender bisa diselesaikan lebih awal.

"Seandainya terus berjalan lancar, bisa-bisa sebelum habis kontraknya sudah selesai (renovasi). Sami juga seperti itu (selesai lebih cepat), ada upaya percepatan khususnya. Pihak penyedia yang sebagai pemenang (tender) kemarin itu melaksanakan kegiatan progresnya sudah di atas on schedule," tandasnya.

Baca Juga: Pemkot Malang Gelontorkan Rp900 Juta untuk Lampu di Alun-alun Merdeka

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya