Viral Video Gunung Lawu Dikira Erupsi, Padahal Karhutla

Kilat tampak di atas gunung Lawu

Magetan, IDN Times - Belakangan beredar video yang menunjukkan tayangan kepulan asap putih di atas gunung Lawu disertai kilat menyambar yambar. Video tersebut diduga direkam oleh rombongan wisatawan yang tengah menginap di salah satu lokasi wisata di Jawa Tengah. Si perekam menyebut lagi acara mau makan malam ada erupsi dari kawah gunung Lawu. 

1. Video tersebut diduga direkam pada hari Jumat sore awal gunung Lawu terbakar

Viral Video Gunung Lawu Dikira Erupsi, Padahal KarhutlaKilat tampak diantara asap di atas gunung Lawu/ IDN Times/ Istimewa

"Ini lagi acara makan malam, tiba tiba ada erupsi dari kawah gunung Lawu. Ada petir menyambar di atasnya. Disahut kawanya cari info cari info," percakapan dalam video viral tersebut.

Video tersebut diduga direkam pada saat gunung Lawu sisi utara masuk wilayah Ngawi awal awal terbakar pada hari Jumat (29/09/2023). Memang jika dilihat dari sisi barat Jawa Tengah tidak tampak karena tertutup puncak Lawu. 

Pada malam itu juga, IDN Times sempat mengabadikan video dari wilayah Kabupaten Magetan gunung Lawu terbakar. Saat itu memang ada segumpal awan putih bukan asap yang terus menerus diselimuti petir.

Diduga peristiwa itu yang disebut sebut dalam vidio viral gunung Lawu alami erupsi. Kebetulan saat itu juga terjadi hujan pada sebagian wilayah di Kabupaten Ngawi

Baca Juga: Kebakaran Gunung Lawu Meluas ke Kabupaten Magetan

2. Kesaksian warga Magetan soal kabar Lawu erupsi

Viral Video Gunung Lawu Dikira Erupsi, Padahal KarhutlaPenampakan kilat bukan dari gunung Lawu erupsi/ IDN Times/ Riyanto

Wiji warga desa Ngiliran Kecamatan Panekan Kabupaten Magatan yang paling dekat dengan gunung Lawu membantah jika telah terjadi erupsi. Dia menyebut tidak ada peristiwa tersebut, bila erupsi pasti ada gempa dan terlihat dari rumahnya.

"Tidak benar itu kabar erupsi, jika erupsi kami yang tinggal paling dekat pasti sudah panik dan mengungsi. Mungkin saja karena direkam dari Jawa Tengah seakan akan seperti erupsi," kata Wiji. 

Salain itu gunung Lawu telah lama mati, statusnya gunung api purba sejak ratusan tahun lalu tidak pernah menunjukkan aktif. 

"Ya itu tadi, ada mendung disertai petir, kebetulan terlihat awan separoh dari Jateng tampak seperti erupsi. Namun bila dilihat dari Kabupaten Magetan mendung yang disertai kilat tersebut terpisah jauh dari gunung," jelas Wiji lagi

3. Fakta gunung Lawu tidak alami erupsi

Viral Video Gunung Lawu Dikira Erupsi, Padahal KarhutlaTurun hujan di wilayah Mantingan Ngawi/ IDN Times/ Istimewa

Kesaksian warga Ngawi bernama Joko malam itu memang tempat tinggalnya Kecamatan Mantingan alami hujan meski tak deras. 

"Jumat malam sebagian daerah Ngawi terutaman Kecamatan Mantingan hujan ya. Saat itu saya perjalan pulang dari Solo ke Mantingan kehujanan di jalan. Petir di atas langit itu akibat hujan pada wilayah kami," ungkapnya. 

Dia membantah bila gunung Lawu alami erupsi, karena tidak ada gempa tidak ada tanda tanda apa apa. 

"Hanya dampak hujan di Ngawi itu. Awan disertai petir karena hujan tadi. Terus saat itu Lawu memang terjadi kebakaran," pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran Hebat Kembali Landa Hutan Lereng Gunung Lawu

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya