Kebakaran Hebat Kembali Landa Hutan Lereng Gunung Lawu

Api sulit dipadamkan, warga berharap BPBD Jatim turun tangan

Ngawi, IDN Times - Kebakaran hebat kembali melanda hutan lindung Gunung Lawu, masuk wilayah Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Api terlihat sejak kemaren sore Jumat (29/09/2023). Embusan angin kencang membuat api menjalar dan mendekati RPH Bedagung wilayah Kabupaten Magetan siang ini, Sabtu (30/09/2023).

1. Kebakaran terus meluas mengarah ke puncak Lawu

Kebakaran Hebat Kembali Landa Hutan Lereng Gunung LawuHutan produksi di lereng gunung Lawu masuk RPH Manyul terbakar hebat. (IDN Times/ Riyanto

Pemadaman sendiri sudah dilakukan petugas gabungan bersama warga desa Girimulyo sejak hari Jumat siang hingga hari ini Sabtu 30 September 2023. Sayangnya, upaya itu belum membuahkan hasil. Api malah semakin membesar dan meluas tidak terkendali, medan yang sulit ditambah angin kencang menjadi kendala pemadaman.  Meski begitu warga dan petugas tetap berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Sebagian warga yang sejak malam mencoba memadamkan api engaku kelelahan. Mereka oun memilih turun gunung untuk beristirahat. "Api saat masih sulit dipadamkan, malah membesar dan mengarah ke Magatan ya. Sebagian mengarah ke puncak ini," kata warga bernama Aditya Candra. 

2. Warga khawatir api merember ke hutan pinus

Kebakaran Hebat Kembali Landa Hutan Lereng Gunung LawuHutan produksi di lereng gunung Lawu masuk RPH Manyul terbakar hebat/ IDN Times/ Riyanto

Meski begitu, kata dia, masih banyak warga yang terus berusaha memadamkan api semampunya. Mereka khawatir kebakaran akan menjalar ke permukiman warga.

"Yang jelas medannya sulit dijangkau dan angin sangat kencang. Api meluas mengarah ke puncak dan sisi kiri mengarah ke Magetan. Saat ini kita berupaya untuk mempertahankan  agar api tidak menyebarang ke hutan pinus dekat dengan pemukiman," kata Riyanto petugas Perhutani.

Jika api sampai menyeberang ke hutan pinus, kebakaran dipastikan akan lebih besar dan makin susah dipadamkan. Sebab, hutan pinus mudah sekali terbakar meski dalam kondisi basah. Pohon pinus mengandung getah resin yang mudah sekali terbakar.

Petugas dan warga pun berharap bantuan dari pihak BPBD Provinsi Jawa Timur untuk turut serta memadamkan api. Bahkan, jika memungkinkan, mereka berharap BPBD mengerahkan water bomber mengingat lokasi kebakaran sulit di jangkau. 

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Lawu Ngawi Masih Sulit Dipadamkan

3. Medan sulit dan angin kencang membuat api sulit dikendalikan

Kebakaran Hebat Kembali Landa Hutan Lereng Gunung LawuHutan produksi di lereng gunung Lawu masuk RPH Manyul terbakar hebat. (IDN Times/ Riyanto

Kebakaran di Lawu sendiri pada bulan ini sudah terjadi beberapa kali. Tercatat, sejak awal bulan, sudah ada lebih dari tiga titik yang terbakar. Hingga tanggal 15 September lalu, setidaknya 15 hektare lahan di sana hangus terbakar. 

Sempat padam, api kembali menjalar pada 24 September lalu. Saat itu, setidaknya 20 hektare lahan di sana ludes dilahap di jago merah. Akibat kebakaran ini, jalur pendakian pun ditutup total. 

Baca Juga: Hutan Gunung Lawu di Jogorogo Ngawi Kembali Terbakar

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya