Kebakaran Gunung Lawu Meluas ke Kabupaten Magetan

Kebakaran sulit untuk dipadamkan saat ini

Ngawi, IDN Ngawi - Hingga Sabtu (30/09/2023) petang, kebakaran yang terjadi di hutan lindung di lereng gunung Lawu, tepatnya di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi belum dapat dipadamkan. Bahkan, kebakaran meluas ke wilayah hutan tetangga, Kabupaten Magetan. 

1. Petugas terkendala angin kencang serta medan jurang

Kebakaran Gunung Lawu Meluas ke Kabupaten MagetanPetugas gabungan berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya/ IDN Times/ Riyanto

Api yang sebelumnya hanya membakar hutan di wilayah RPH Manyul masuk wilayah Lawu Utara kini telah merembet ke RPH Bedagung masuk wilayah Lawu Selatan Kabupaten Magetan. Meski sebagian besar mengarah ke puncak gunung Lawu, api juga merembet ke sisi selatan, tepatnya Desa Jamus, Kecamatan Sine, Kebupaten Ngawi. 

Warga dan petugas gabungan sebenarnya sudah mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Mereka membuat ilaran membuat penyekat api dengah cara menabasnya. Namun, kondisi angin kencang serta medan yang terjal membuat membuat upaya itu berjalan alot. 

2. Untuk sampai ketitik api petugas harus menempuh jarak 4 kilometer

Kebakaran Gunung Lawu Meluas ke Kabupaten MagetanPetugas harus menempuh jarak 4 Km dengan medan sulit ke titik api/ IDN Times/ Riyanto

Saat ini, ada sebanyak 35 orang dari petugas gabungan dari TNI/Polri, Perhutani dan masyarakat yang bertahan di atas. Mereka bertugas menjaga agar api tidak merembet ke hutan industri.

"Medan sulit serta angin kencang sepertinya mustahil untuk bisa dipadamkan ya. Satu satunya jalan kita buatkan ilaran agar tidak merembet ke hutan pinus. Hutan industri yang dekat dengan pemukiman warga," kata Kapolsek Jogorogo, AKP Nurhidayat. Sementara, untuk sampai ke titik api, kata Nurhidayat, warga dan tim gabungan harus naik menggunakan sepeda motor sejauh 4 kilometer. 

Baca Juga: Kebakaran Hebat Kembali Landa Hutan Lereng Gunung Lawu

3. Petugas dari BPBD Magetan TNI/ Polri dan warga membuat ilaran di tapal batas

Kebakaran Gunung Lawu Meluas ke Kabupaten MagetanPetugas BPBD Magetan saat membuat ilaran di tapal batas hutan Magetan - Ngawi/ IDN Times/ Riyanto

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Magetan, Ari Budi Santosa mengatakan bahwa petugas gabungan dari BPBD Magetan Perhutani, TNI/ Polri dan masyarakat di Desa Ngiliran Kecamatan Panekan berpacu dengan api. Mereka membuat ilaran di tapal batas hutan Magetan dengan Ngawi.

"Hanya ini yang bisa kami lakukan saat ini agar api tidak menyeberang ke hutan industri di Magatan. Kita buat ilaran bersama warga TNI Polri dan perhutani," kata 

Rencananya besok pagi bersama warga tiga desa di lereng gunung Lawu akan memperpanjang ilaran untuk berjaga jaga api merembet lebih jauh ke wilayah hutan produksi di Magetan.

"Laporan BPBD Ngawi yang kami terima sudah sekitar 50 hektare lebih hutan yang hangus terbakar pada petak 33/ 38/ 39/ 40 dan 41 RPH Manyul BKPH Lawu Selatan," pungkas Ari.

Baca Juga: Imbas Karhutla, 4 Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup 

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya