Tiga Pekerja Proyek Kali Mbojan Magetan Tenggelam, Satu Tewas

Mereka diduga tak bisa berenang

Magetan, IDN Times - Nahas dialami tiga pekerja proyek bangunan, Andik Setiawan (23) Lardi (35) dan Febri (28). Tiga warga Desa Poncol, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan tenggelam saat berenang. Peristiwa itu terjadi di Desa Sampung, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan ini. Mereka tenggelam saat mandi di Sungai Mbojan yang tak jauh dari proyek yang mereka kerjakan. Satu dari mereka tak tertolong dan tewas tenggelam. Sementara, dua orang kritis dilarikan ke RSUD dokter Sayidiman Magatan.

1. Peristiwa nahas berawal saat jam istirahat

Tiga Pekerja Proyek Kali Mbojan Magetan Tenggelam, Satu TewasHumas Polres Magetan/ IDN Times/ Istimewa

Perangkat Desa Sampung bernama Sarjono mengatakan, peristiwa nahas itu bermula saat jam istirahat kerja. Karena cuaca panas, dua orang menceburkan diri ke dalam sungai. Disusul lagi kawan meraka juga menceburkan diri ke dalam sungai. 

"Celakanya sungai tersebut ternyata dalam, ketiga orang pekerja tersebut kami duga sama sama tidak bisa berenang dan tenggelam. Mandor proyek sempat melihat tangan mereka namun tidak bisa berbuat banyak karena juga tidak bisa berenang," kata Sarjono kepada media ini. Selasa (19/09/2023).

Selanjutnya mandor berteriak teriak meminta tolong warga. Warga yang kebetulan mendengar saat itu berdatangan ke lokasi dan menolong ketiganya dari dalam sungai. 

"Ketiganya berhasil dievakuasi dari dalam sungai namun satu dari meraka tidak tertolong meninggal dunia. Sedangkan dua orang selamat namun kondisinya kritis langsung dibawa ke Puskesmas Kawedanan," ungkapnya

Baca Juga: Sambatan Petani Magetan Sambil Menunggu Hujan

2. Dua kritis dirujuk ke RSUD dokter Sayidiman Magetan

Tiga Pekerja Proyek Kali Mbojan Magetan Tenggelam, Satu TewasHumas Polres Magetan/ IDN Times/ Istimewa

Masih menurut Sarjono, pada saat di Puskesmas Kawedanan, kedua pekerja tersebut kondisinya kritis. Oleh pihak Puskesmas selanjutnya dirujuk ke RSUD dokter Sayidiman untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Satu orang meninggal dan dua kritis sempat dilarikan ke puskesmas Kawedanan usai berhasil ditolong tadi. Namun karena kondisinya kritis dirujuk ke RSUD," jelasnya. "Yang meninggal dunia atas nama Andik Setiawan tadi. Sedang Lardi dan Febri selamat namun kondisinya kritis akibat tengelam," pungkasnya.

3. Polisi pastikan ketiganya tidak bisa berenang

Tiga Pekerja Proyek Kali Mbojan Magetan Tenggelam, Satu TewasHumas Polres Magetan/ IDN Times/ Istimewa

Kasi Humas Polres Magetan, AKP Budi Kuncahyo, membenarkan kejadian itu. "Pada saat mandi itu korban tidak mengetahui jika sungai dalam kurang lebih 2,5 meter. Karena tidak bisa berenang ketiganya tenggelam. Satu meninggal dunia dan dua selamat saat ini dirawat di rumah sakit," terangnya.

Kemudian hasil pemeriksaan luar dari tim kesehatan Puskesmas Kawedanan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. "Korban meninggal dunia murni tenggelam di sungai Mbojan kurang lebih satu jam. Namun, penyebab pasti saat ini tengah diselidiki Polsek Kawedanan ya," pungakasnya.

Baca Juga: Pria Mojokerto Tenggelam di Sungai Brantas

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya