Sumur Tak Keluar Air, Tanaman Padi di Ngawi Gagal Panen

Terdampak kemarau, hektaran padi di Ngawi puso

Ngawi, IDN Times - Tidak hanya krisis air bersih yang dialami warga Ngawi di musim kemarau ini. Kemarau juga sebabkan sumur sumur pompa untuk pengairan sawah milik para petani tidak mengeluarkan air lagi. Akibatnya hektaran tanaman padi mereka mati dan gagal panen. Minggu (26/08/2023).

1. Sumur tanah tidak keluar air

Sumur Tak Keluar Air, Tanaman Padi di Ngawi Gagal PanenPadi mati/ IDN Times/ Istimewa

Seperti pada tanaman padi milik petani di Desa/ Kecamatan Paron Ngawi/ ini, hektaran tanaman pada yang baru berusia dua bulan dibiarkan mati begitu saja oleh pemiliknya. Sumur pompa untuk mengairi tanaman meraka tak lagi keluar air pada kemarau ini.

Salah satunya milik petani setempat bernama Sarwomo ini. Tanaman padi seluas 3,5 hektar tanahnya retak-retak dan mati. Dia mengaku pasrah tak ada sumber air lagi untuk menolongnya. Kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta lebih

Baca Juga: Demi Air Bersih, Warga Ngawi Berjalan Kaki ke Hutan Sejauh 2 Kilometer

2. Sebagian petani bertahan sebisanya

Sumur Tak Keluar Air, Tanaman Padi di Ngawi Gagal PanenKemarau Ngawi/ IDN Times/ Istimewa

Sedang sebagian petani lainnya berusaha keras agar padi mereka tetap berbuah meski mustahil. Ada petani yang mengawinkan padi jantan dan betina dengan menggunakan tali dengan cara ditarik oleh dua orang setiap 20 menit sekali.  

Hanya saja daun padi sudah keburu layu karena kekurangan air. Air tidak cukup dan padi pelan pelan pun mati.

"Tidak mencukupi akhirnya tanaman mati mas, luas padi saya ini 3,5 hektar. Air tidak mampu ya sudah pasrah ini 50 juta melayang yang lain kalau air masih mencukupi ya masih ada kembalian meski sedikit," ujar Sarwono pasrah.

3. Tak tertolong lagi, dipastikan gagal panen

Sumur Tak Keluar Air, Tanaman Padi di Ngawi Gagal PanenIDN Times/ Istimewa

Padi milik Wawan Ariawan sebagian besar sudah tidak tertolong lagi jelas gagal panen alias puso. Pasalnya sumur pompa miliknya sama sekali tidak mengeluarkan air.

"Kalau yang ini sudah tidak bisa tertolong lagi mati akibat kemarau. Sebagian lagi kayaknya masih bisa dengan cara kita kawinkan jantan betina. Mudah mudahan masih bisa berbuah isyaalah ada kembalian meski sedikit," katanya.

Petani mengaku pasrah dengan tanaman padinya saat ini akibat dampak kemarau saat ini. Terpaksa tanaman padi milik mereka biarkan mati karena tidak ada harapan lagi untuk dipertahankan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tanaman Cabai Bertahan di Musim Kemarau hingga Panen

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya