Penyelamatan Dramatis ODGJ Terjebak dalam Rumah Terbakar di Ngawi 

Seorang ODGJ di Ngawi terjebak dalam rumah terbakar

Ngawi, IDN Times - Sebanyak tiga rumah warga di Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Jawa Timur ludes terbakar pada Minggu malam (23/7/2023) pukul 22.45 WIB. Hembusan angin kencang membuat api dengan cepat membakar tiga rumah semi permanen yang berdektan itu.

Pada salah satu rumah yang terbakar dihuni oleh seorang dengan ganguan jiwa (ODGJ), penyelamatannya pun oleh warga berlangsung dramatis. Warga menerobos kobaran api untuk mengevakuasi korban dengan berbekal kain basah agar tidak turut terbakar.

1. Tiga rumah semi permanen ludes terbakar

Penyelamatan Dramatis ODGJ Terjebak dalam Rumah Terbakar di Ngawi IDN Times/ Riyanto

Tiga rumah terbakar tersebut salah satunya milk Salimun (70) yang dihuni oleh istrinya Ponirah (65) dan anaknya bernama Muslimah (40) penderita ODGJ. Pada saat terjadi kebakaran Muslimah sempat tertahan di dalam rumah sebelum akhirnya berhasil diselamatkan warga.

Tidak hanya rumah Salimun, rumah Suginem (60) yang lokasinya berdekatan juga turut terbakar. Melihat rumahnya turut terbakar lansia tersebut pingsan tak kuasa menahan kesedihan.

Baca Juga: Miris, Kendaraan Plat Merah ASN Ngawi Buat Beli Sabu

2. Kronologi kebakaran yang hanguskan tiga rumah

Penyelamatan Dramatis ODGJ Terjebak dalam Rumah Terbakar di Ngawi IDN Times/ Riyanto

Api pertama kali muncul dari rumah bagian tengah Salimun saat sebagian warga tengah tidur, warga yang masih terjaga dan melihat api, spontan panik dan berusaha mengevakuasi anak perempuan salimun yang saat itu tengah tertidur di dalam rumah.

Warga menduga api berasal dari dapur yang lupa dimatikan usai memasak dengan kayu di tungku.

"Waktu itu kami sudah tidur, tahu tahu rumah kedua pak Salimun sudah terbakar hebat. Warga pun panik menyelamatkan anaknya ODGJ yang masih tertinggal di dalam dengan alat seadanya. Alhamdulillah berhasil kami selamatkan meski alami luka bakar," kata warga bernama Nanang Rusmanto.

3. Kepala desa meminta bantuan petugas Damkar Ngawi

Penyelamatan Dramatis ODGJ Terjebak dalam Rumah Terbakar di Ngawi IDN Times/ Riyanto

Suyoto, Kepala Desa Jeblogan yang mendapat informasi adanya rumah warga yang terbakar langsung menghubungi kantor pemadam kebakaran Pemkab Ngawi.

Api padam setelah 4 unit mobil pemadam di kerahkan ke lokasi. Namun rumah milik Salimun tidak terselamatkan, rata dengan tanah ludes terbakar. Anak perempuan Salimun yang menderita ODGJ dibawa petugas ke rumah sakit jiwa RSUD dokter Soeroto Ngawi untuk mendapatkan perawatan akibat alami luka bakar.

Baca Juga: Anggota DPRD Ngawi Meninggal Jadi Korban Tabrak Lari

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya