Karhutla Gunung Lawu Merembet ke Jalan Jatim-Jateng

Banyak pengendara yang memilih putar balik

Magetan, IDN Times - Hari ke- 5 Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Gunung Lawu Magetan Jawa Timur kian memprihatinkan. Pasalnya, pada Sabtu (21/10/2023) api telah sampai ke jalan trans nasional Jawa Timur - Jawa Tengah, tepatnya di jalan Sarangan - Karanganyar.

1. Kobaran api membahayakan penguna jalan, bahaya batu jatuh juga mengancam

Karhutla Gunung Lawu Merembet ke Jalan Jatim-JatengKarhutla di lereng Lawu mulai merembet ke jalan raya Sarangan-Karanganyar, Sabtu (21/10/2023). IDN Times/Riyanto

Pantauan IDN Times, kobaran api dan asap mulai mengganggu para penguna jalan. Api tersebut berada di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Pengguna jalan harus ekstra hati hati karena ancaman batu jatuh, pohon tumbang dari atas tebing bisa saja sewaktu waktu menimpa meraka. 

"Apa yang kami khawatirkan akhirnya terjadi juga. Pagi tadi api sudah sampai tepi jalan, padahal di atas banyak bebatuan dan pohon tinggi yang sewaktu waktu runtuh dan tumbang bisa mengenai para penguna jalan," kata Pardi, salah satu relawan pemadam Karhutla, Lawu. 

2. Arus lalulintas bakal dialihkan

Karhutla Gunung Lawu Merembet ke Jalan Jatim-JatengKarhutla di lereng Lawu mulai merembet ke jalan raya Sarangan-Karanganyar, Sabtu (21/10/2023). IDN Times/Riyanto

Menurutnya, api sulit dipadamkan karena berada pada tebing curam.Ia dan warga lain bersama petugas tidak bisa berbuat banyak, hanya bisa berjaga pada ilaran agar api tidak melompat pada lahan berikutnya.

Sementara itu pihak kepolisian yang turut memantau, menyebut jika jalan untuk sementara masih aman untuk dilalui. Api masih belum terlalu besar.  "Namun jika nanti api terus membesar dan sulit dikendalikan arus lalulintas akan kami alihkan ya," kata Kapolsek Plaosan, AKP Joko Yuwono. "Kita lihat dulu bila perlu dialihkan akan dialihkan. Yang jelas untuk sementara ini masih aman untuk dilalui. Pihak BPBD juga telah melakukan penyemprotan denga air agar api tidak terus ke tepi jalan," pungkasnya.

Baca Juga: Karhutla Gunung Lawu Putus Pipa Air Bersih Warga Cemorosewu

3. BPBD dan Damkar Magetan semprotkan air di tepi jalan, tak banyak membantu

Karhutla Gunung Lawu Merembet ke Jalan Jatim-JatengApi telah sampai tepi jalan tembus Sarangan - Karangamyar Jateng/ IDN Times/ Riyanto

Adapun upaya BPBD menyemprotkan air tepi jalan tidak dapat menjangkau titik api lainya. Tebing curam dan tinggi menjadi kendala air sampai atas. "Sulit ya untuk bisa padamkan api. Api berada pada tebing tegak yang tinggi. Kami hanya bisa menjangkau tepi tepi jalan agar tidak terus merambat ke tepi jalan dan membahayakan penguna jalan," ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi. 

Panatauan IDN Times, sejumlah penguna jalan memilih balik kanan karena takut. Sejumlah petugas pun disiagakan untuk memadamkan api hingga mengatur arus lalulintas. Hingga siang ini, api belum dapat dikendalikan dan terus merembet ke bawah mendekati jalan raya hingga ilaran.

Baca Juga: Lawu Kembali Terbakar, 400 Warga Turun Tangan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya