Dikalungi Lawe Ganjar Pranowo di Ngawi Ikut Nari Reog

Ganjar pengin Reog bisa jadi karakter game 

Ngawi, IDN Times - Ribuan warga tumplek blek di halaman Kepatihan Ngawi Jawa Timur pada Minggu (16/07/2023) sore. Mereka ingin bertemu langsung dengan calon Presiden dari PDIP Ganjar Pranowo. Warga juga tampak berebut salaman dengan Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar bersama Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, Wabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko tampak menikmati kesenian reog. Terlihat Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mencontohkan gerakan tarian dengan membawa tali lawe. Ganjar pun mengikuti gerakan itu meski belum tahu betul.

1. Ganjar ingin reog jadi karakter game

Dikalungi Lawe Ganjar Pranowo di Ngawi Ikut Nari ReogIDN Times/ Riyanto

Dalam sambutannya, Ganjar mengapresiasi betul bagi para pegiat seni reog dan warga yang sudah datang ke Kepatihan Ngawi. Meski Reog bukan kesenian asli Ngawi, dia mengapresiasi masyarakat yang tetap melestarikan reog.

"Kalau kita orang luar, Ngawi itu terkenalnya kan Kartonyono. Kalau reog itu kan Ponorogo. Ponorogo sudah menyiapkan acara reog yang lebih besar. Reog sudah terkenal di mana-mana. Bahkan sampai Suriname. Yang ada di lapangan ini, adalah anak-anak bangsa yang bangga dan mencintai akan seni dan budaya Indonesia. Saya ingin reog bisa menjadi karakter game agar reog makin dikenal dan tetap lestari," kata Ganjar.

Baca Juga: Paguyuban Kades Jatim Pakai Logo Pemprov Undang Ganjar Pranowo

2. Ganjar launching dan icipi sambel belut petani Ngawi

Dikalungi Lawe Ganjar Pranowo di Ngawi Ikut Nari ReogIDN Times/ Riyanto

Setelah memberikan sambutan, Ganjar diajak Bupati Ony untuk melaunching menu makanan tradisional khas Ngawi Sambel Welut karya para petani setempat.

"Padi di Ngawi sudah ditanam dengan cara organik, ekosistem sawah pun kembali bagus. Hingga kini banyak belutnya. Nah ini, jadi nilai plus bagi masyarakat. Dengan banyaknya belut, maka bisa jadi makanan olahan," kata Bupati Ngawi Ony.

Kemudian mereka mengajak warga untuk bersama sama makan sambal welut dengan total 5.000 porsi. Dilanjutkan peletakkan batu pertama pembangunan Joglo Budaya Kabupaten Ngawi yang bersebelahan dengan Pendapa Kepatihan Ngawi.

Baca Juga: Soal Cawapres, Ganjar: Sabar!

3. Ganjar bertemu barisan RT di Gor Bung Hatta

Dikalungi Lawe Ganjar Pranowo di Ngawi Ikut Nari ReogIDN Times/ Riyanto

Bersama Ketua DPW PDIP Jawa Timur Budi 'Kanang' Sulistyono Ganjar bertemu dengan ribua relawan Barisan RT atau disingkat Baret di Gor Bung Hatta di jalan ring road Ir Sukarno.

Begitu datang Ganjar langsung disambut teriakan 'Ganjar Presiden' oleh ribuan orang yang sejak sore memenuhi Gor. Ganjar kemudian berdialog dengan perwakilan Ketua RT, Ketua PPDI Ngawi hingga ketua AKD Ngawi. Usai berdialog sebentar Ia kemudian berpamitan.

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya