Bakar Rumpun Bambu, Seorang Kakek di Magetan Tewas Terpangang

Korban terjebak di tengah kobaran api

Magetan, IDN Times - Seorang kakek warga Desa Bangsri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan, Jawa Timur ditemukan tewas mengenaskan, Selasa (26/09/2023). Tubuhnya hangus terbakar saat membersihkan sampah kering di dekat rumpun bambu di belakang rumahnya. 

1. Petaka berawal dari korban bakar sampah kering

Bakar Rumpun Bambu, Seorang Kakek di Magetan Tewas TerpangangKorban saat dievakuasi dari tengah rumpun bambu/ IDN Times/ Riyanto

Belakangan korban diketahui bernama Parto Sarno (85) warga desa setempat. Peristiwa nahas itu bermula saat korban membakar sampah di dekat rumpun bambu di belakang rumahnya. Diduga karena angin kencang api tak dapat dikendalikan dan langsung membesar hingga korban terjebak di dalam kobaran api itu.

Warga yang saat itu mengetahui peristiwa itu pun langsung melapor polisi dan meminta tolong Damkar Magetan untuk melakukan penanganan kebakaran. Luas lahan yang turut terbakar dari rumpun bambu kurang lebih setengah hektar.

Baca Juga: Truk Bermuatan 3 Ton Ayam Tercebur Parit di Magetan

2. Usai api padam korban baru dapat dievakuasi

Bakar Rumpun Bambu, Seorang Kakek di Magetan Tewas TerpangangPolisi bersama BPBD Magetan mengevakuasi jasad korban dari tengah rumpun bambu/ IDN Times/ Riyanto

Usai api berhasil dipadamkan, korban baru dapat dievakuasi namu dalam kondisi telah meninggal dunia. Korban langsung dievakuasi ke rumah duka sekitar pukul 15.30 WIB. Tim SPKT Polres Magetan beserta dokter Puskesmas Ngariboyo pun melakukan visum luar terhadap korban. 

"Korban mengalami luka bakar di sekujur tubuh. Diduga terjebak sehingga tidak bisa menyelamatkan diri saat api membesar. Korban murni meninggal karena terbakar," kata Kasi Humas Polres Magetan AKP Budi Kuncahyo

3. Keluarga korban menerima ini sebagai musibah

Bakar Rumpun Bambu, Seorang Kakek di Magetan Tewas TerpangangPolisi bersama BPBD Magetan mengevakuasi jasad korban dari tengah rumpun bambu/ IDN Times/ Riyanto

Menurut Budi, tidak ada korban jiwa lain selain Sarno, korban saat itu sendirian sehingga pada saat api membesar tidak ada satu pun warga yang sempat menolongnya.

"Korban sendirian saat beraktifitas membakar sampah di dekat rumpun bambu belakangan rumahnya itu. Tidak ada yang sempat menolong pada saat kejadian," pungkasnya.

Pihak keluarga korban pun memohon agar korban tidak diautopsi. Kemudian, jenazah diserahkan puhak keluarga untuk segera dimakamkan.

Baca Juga: Ketel Uap Pabrik Kerupuk di Magetan Meledak

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya