Kebakaran di Lereng Hutan Gunung Lawu Ngawi Capai 14 Hektare

Kebakaran hutan di lereng Lawu masih sulit dipadamkan

Ngawi, IDN Times - Kebakaran di kawasan lereng Gunung Lawu makin meluas. Total luas lahan yang terbakar lebih dari 14 hektare. HinggaSelasa (15/09/2023) siang, petugas gabungan dari TNI, Polri, Perhutani dan warga di Kabupaten Ngawi JawaTimur masih berupaya memadamkan api yang memabakar kawasan lereng Gunung Lawu sisi utara masuk desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo Ngawi.

1. Petugas gabungan terus berjibaku padamkan api

Kebakaran di Lereng Hutan Gunung Lawu Ngawi Capai 14 HektarePetugas gabungan masih berjibaku padamkan api. IDN Times/ Riyanto

Dengan peralatan seadanya, petugas gabungan masih terus berjibaku memadamkan api sejak hari Senin siang. Api masih sulit dipadamkan sisa dari bara api yang masih saja mengeluarkan asap. Selain memadamkan api petugas juga terus membuat ilaran untuk penyekat api tidak merembet semakin meluas ke hutan priduksi berisi pohon pinus dan puspa.

"Sampai siang ini luasan lahan yang terbakar capai 14 hektare lebih. Angin kencang dan medan sulit jadi kendala kami untuk memadamkan api," kata Kepala RPH Manyul, Nurhuda kepada IDN Times.

2. Sebanyak 50 personil gabungan belum mampu padamkan api

Kebakaran di Lereng Hutan Gunung Lawu Ngawi Capai 14 HektareSekitar 50 petugas gabungan masih berupaya padamkan api di lereng Lawu. IDN Times/ Riyanto

Sebanyak 50 petugas gabungan dikerahkan ke lokasi kebakaran secara bergantian untuk memadamkan api belum mampu padamkan api. "Catatan kami, kebakaran pada Petak 33 dan 39 masuk Resor Pemangku Hutan (RPH) Manyul terjadi dua kali dalam tiga hari ini. Sebelumnya bisa segera dipadamkan, yang ini sulit akibat angin kencang dan medanya curam," jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Jogorogo, AKP Nur Hidayat mengatakan bahwa tim gabungan berjaga secara bergantian. Mereka membagi waktu tugas lantaran kobaran api tak kunjung padam.

"Petugas kelelahan, akhirnya dibuat sistem bergantian. Pasalnya mereka sejak tadi malam hingga siang terus berupaya memadamkan api sambil buat ilaran. Mereka yang sejak malam di lokasi kita ganti dengan anggota baru," kata dia.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Lawu Ngawi Masih Sulit Dipadamkan

3. Ada petugas yang menjaga di area permukiman warga

Kebakaran di Lereng Hutan Gunung Lawu Ngawi Capai 14 HektareIDN Times/ Riyanto

Menurut Kapolsek, ada sebagian petugas lainnya yang bertahan pada permukiman penduduk menunggu sampai petugas lain turun untuk digantikan. "Yang jelas hingga siang api belum bisa di padamkan pada lereng Gunung Lawu," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kepulan asap tebal membumbung tinggi ke- langit sudah terlihat sejak Senin (04/09/2023) siang. Medan sulit serta lokasi kebakaran yang curam menjadi kendala petugas.

Baca Juga: Hutan di Lereng Gunung Lawu Ngawi Kembali Terbakar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya