Hutan di Lereng Gunung Lawu Ngawi Kembali Terbakar

Kebakaran lereng Gunung Lawu sisi utara

Ngwi, IDN Times - Hutan pada lereng Gunung Lawu di sisi utara masuk wilayah Jogorogo Ngawi Jawa Timur kembali terbakar hari ini, Senin (04/09/2023). Kepulan asap putih pekat terlihat membumbung tinggi ke langit. Asap yang sebelumnya kecil tampak terus membesar dan meluas akibat kencangnya embusan angin sekarang ini.

1. Asap terlihat sampai 10 kilometer

Hutan di Lereng Gunung Lawu Ngawi Kembali TerbakarIDN Times/ Riyanto

Keterangan warga, asap dari kebakaran hutan tersebut mulai terlihat sejak dari daerah pasar Gentong Kecamatan Paron Ngawi sejak pukul 12.00 WIB. Kepulan asap semakin membesar dan meluas ketika dilihat dari desa terdekat. Kepulan asap semakin jelas terlihat dari desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo yang berjarak sekitar 4 sampai 10 kilometer dari lokasi kebakaran.  

"Kalau dari sini asap sudah terlihat sejak pagi tadi. Baru siangnya sekitar jam 11 an asap semakin membesar akibat kebakaran terus meluas ya," kata Miuskin Effendy warga desa Girimulyo.

Baca Juga: Terserang Hipotermia Seorang Pendaki Tewas di Gunung Lawu

2. Tercatat sudah dua kali ini gunung Lawu terbakar

Hutan di Lereng Gunung Lawu Ngawi Kembali TerbakarIDN Times/ Riyanto

Catatan warga, selama kurun waktu tiga hari, kebakaran serupa terjadi sebanyak dua kali ini. Namun kebakaran sekarang lebih besar dari kebakaran pertama. Sejumlah petugas dari TNI, Polri, Perhutani dan warga dikerahkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

"Saya datang ke- warung belum ada api, baru siang asap terlihat membumbung tinggi. Dua kali ini terbakar sebelumnya hutan pinus pada Gunung Klotok ya dan berhasil dipadamkan," ujar Tini. Hingga petang ini, api belum bisa dipadamkan. Kepulan asap dan bara api tampak memerah dan kian meluas. Petugas gabungan masih berjibaku memadamkan api.

3. Sebelumnya, 2 hektare hutan di petak 39 Gunung Lawu terbakar

Hutan di Lereng Gunung Lawu Ngawi Kembali TerbakarIDN Times/ Riyanto

Sebelumnya diberitakan hutan lindung di lereng gunung Lawu sisi utara masuk petak 39 RPH Manyul BKPH Lawu Utara wilayah Ngawi terbakar. Api membakar semak belukar dan pepohonon seluas kurang lebih dua hektar.

Kurang lebih 5 jam akhirnya api berhasil dikendalikan dan dipadamkan. Lahan seluas dua hektare berisi tegakan jenis pohon Bintani, Damar, Puspa dan Mahoni itu pun hangus terbakar. 

Baca Juga: 4 Fakta Tabrakan Maut Bus Eka Vs Sugeng Rahayu di Ngawi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya