Sering Kehabisan, Ngawi Akhirnya Dapat 10 Ribu Blangko e-KTP

Warga yang baru pertama memiliki KTP menjadi prioritas

Ngawi,IDN Times - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Ngawi menerima 10 ribu blangko kartu tanda penduduk elektronik alias e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri, Kamis (16/1) pagi. Sekitar 6 ribu keping di antaranya bakal diserahkan kepada warga yang akan memiliki identitas kependudukan untuk kali pertama. 

"Mereka yang kami prioritaskan untuk diberi blangko KTP. Selama ini, mereka hanya memegang suket (surat keterangan) pengganti KTP," kata Kepala Dispendukcapil Ngawi, Sugeng saat dihubungi IDN Times. 

1. Warga yang sebelumnya memiliki KTP diberi Suket untuk sementara

Sering Kehabisan, Ngawi Akhirnya Dapat 10 Ribu Blangko e-KTPIlustrasi KTP Elektronik atau E-KTP (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Prioritas kedua penerima blangko e-KTP, ia melanjutkan, ditujukan kepada warga yang hendak pergi ke luar negeri. Entah bagi calon tenaga kerja Indonesia, hendak umrah maupun pergi haji. Sedangkan bagi warga yang memegang suket lantaran pergantian domisili maupun kehilangan KTP bukan menjadi prioritas. 

Adanya prioritas maupun tidak merupakan dampak menipisnya stok blangko e-KTP di Dispendukcapil Kabupaten Ngawi. Kondisi ini juga berlaku secara nasional lantaran terbatasnya kiriman material identitas penduduk dari pemerintah pusat. 

2. Perekamam KTP keliling masih dijalankan

Sering Kehabisan, Ngawi Akhirnya Dapat 10 Ribu Blangko e-KTPIlustrasi E-KTP (IDN Times/Dokumen)

Kabupaten Ngawi sendiri mengalami kekurangan blangko e-KTP sekitar 36 ribu keping. Jumlah itu belum termasuk warga yang baru memenuhi syarat usia mendapatkan legalitas kependudukan. Juga, warga yang selama ini belum mengikuti perekaman e-KTP. 

Berdasarkan data, masih ada sejumlah warga yang belum melakukan perekaman. Mereka di antaranya kalangan disabilitas dan perantau di luar daerah. "Sampai sekarang, kami terus melakukan perekaman dengan berkeliling untuk memberikan pelayanan," ujar Sugeng. 

Baca Juga: Puncak Mudik Libur Natal di Tol Ngawi-Kertosono Diperkirakan Sabtu 

3. Menjelang Pilkada, Dispendukcapil Ngawi berencana genjot pencetakan E-KTP

Sering Kehabisan, Ngawi Akhirnya Dapat 10 Ribu Blangko e-KTPKepala Dispendukcapil Ngawi, Sugeng. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Untuk kebutuhan cetak e-KTP bagi warga, pihak Disependukcapil rutin meminta kiriman blangko ke Kemendagri. Sejak Juni 2019, distribusinya berlangsung tiga kali. Adapun jumlah yang diterima sekitar 150 ribu keping. Karena pertumbuhan penduduk berjalan dinamis, blangko kiriman itu belum dapat memenuhi kebutuhan di Ngawi. 

Oleh karena itu, pihak Dispendukcapil berencana mengajukan kembali permintaan blangko e-KTP. Apalagi, pemilihan kepala daerah serentak juga berlangsung di Ngawi yang direncanakan pada September mendatang. "Sebenarnya memakai suket tetap bisa untuk memilih maupun dipilih. Tapi, pilkada kami jadikan momentum untuk pencetakan e-KTP dalam jumlah banyak seperti pileg tahun lalu," kata Sugeng. 

Baca Juga: Maju Pilwali Surabaya, Sholeh-Taufik akan Kumpulkan 200 Ribu KTP

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya