Puncak Mudik Libur Natal di Tol Ngawi-Kertosono Diperkirakan Sabtu 

Arus lalu lintas akan meningkat 6 – 15 persen

Madiun, IDN Times – PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) selaku pengelola jalan tol ruas Ngawi – Kertosono memperkirakan puncak arus mudik libur Natal berlangsung pada Sabtu (21/12). Sedangkan, lalu lintas tertinggi saat arus baliknya terjadi pada Rabu (25/12).

Adapun puncak arus mudik maupun balik libur Tahun Baru 2020 bakal terjadi pada sabtu 28 Desember 2019 dan 1 Januari 2020. “Kepadatan kendaraan yang melintas (di jalan tol ruas Ngawi - Kertosono) sekitar 6 hingga 15 persen dibandingkan hari biasa,” kata Dirut PT JNK, AJ Dwi Winarsa, Selasa (17/12).

1. Kepadatan transaksi tertinggi diperkirakan di gerbang Madiun

Puncak Mudik Libur Natal di Tol Ngawi-Kertosono Diperkirakan Sabtu Sebuah truk melintas di jalan tol ruas Ngawi - Kertosono. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Berdasarkan data, ia melanjutkan, jumlah kendaraan yang masuk maupun keluar di jalan tol ruas tersebut sekitar 20 ribu rata-rata per hari. Dengan demikian, pada momentum libur akhir tahun mendatang akan mengalami peningkatan antara 21 ribu – 23 ribu unit kendaraan per hari.

Jumlah itu nantinya ditentukan dari transaksi yang berlangsung di Gerbang Tol Madiun (wilayah Kabupaten Madiun, Gerbang Tol Caruban (wilayah kabupaten Madiun), dan Gerbang Tol Nganjuk. “Kepadatan paling tinggi kami perkirakan terjadi di Gerbang Tol Madiun,” ujar Dwi sembari menyatakan prediksi itu berdasarkan arus mudik mudik dan balik Lebaran lalu.

2. Setiap kilometer dipasang CCTV

Puncak Mudik Libur Natal di Tol Ngawi-Kertosono Diperkirakan Sabtu Pemasangan stiker sebagai tanda pihak PT JNK siap menghadapi arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru 2020.IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Untuk menjaga kelancaran lalu lintas saat libur akhir tahun, pihak PT JNK telah melakukan sejumlah persiapan. Jika nantinya terjadi kemacetan di gerbang tol, maka lajur yang selama ini diperuntukkan bagi mobil patroli akan dibuka untuk kendaraan umum.

Sedangkan untuk memantau kejadian di jalan tol, maka jumlah CCTV yang dipasang ditambah menjadi 104 unit. Kamera itu dipasang di setiap kilometer jalur cepat antara Ngawi hingga Kertosono. “Kalau ada kejadian kecelakaan dapat ditangani lebih cepat,” kata Dwi.

3. Kecepatan dibatasi antara 80 hingga 100 kilometer per jam

Puncak Mudik Libur Natal di Tol Ngawi-Kertosono Diperkirakan Sabtu Sejumlah armada untuk kelancaran arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru 2020 disiagakan di jalan tol ruas Ngawi - Kertosono. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Upaya lain yang dilakukan, seperti menambah rambu lalu lintas tentang batas minimal 80 kilometer perjam dan makasimal 100 kilometer per jam. Selain itu, menyiagakan enam mobil patroli, 2 mobil rescue, dan 6 mobil derek.

“Pada prinsipnya kami siap menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru. Pelayanan kami utamakan, termasuk keamanan dan kesehatan,” ujar Dwi.

Baca Juga: Ramp Check Jelang Nataru, Satu Bus Tak Layak Dipulangkan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya