Dibongkar karena Prostitusi, Lapak Pasar Muneng Madiun Dibangun Ulang 

Dijadikan lahan parkir terlebih dulu

Madiun, IDN Times - Pemkab Madiun bakal menata kembali lapak yang digunakan sebagai penyedia layanan seks di Pasar Muneng, Kecamatan Pilangkenceng. Setelah dibongkar, warung 'remang-remang' di bagian belakang itu akan dikosongkan dan diratakan dengan tanah. 

"Untuk sementara akan digunakan sebagai lahan parkir sepeda motor," kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakop-UM) Kabupaten Madiun Anang Sulistijono, Kamis (8/8).

1. Pedagang lokal diprioritaskan

Dibongkar karena Prostitusi, Lapak Pasar Muneng Madiun Dibangun Ulang IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut dia, sejumlah pedagang yang tercatat sebagai warga Kabupaten Madiun akan dipindah di depan untuk menjajakan minuman maupun makanan. Adapun jumlahnya yang terdata sebanyak enam orang.

Sedangkan bagi mereka yang berasal dari luar daerah seperti Bojonegoro, Ngawi, Nganjuk, dan Tulungagung dengan jumlah 41 orang diminta pulang ke alamatnya masing-masing. 

Kemudian, proses pembangunan ulang bakal dilangsungkan pada tahun depan dengan dana sekitar Rp2 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus. "Akan dijadikan los, para pedagang diprioritaskan warga sini (Kabupaten Madiun)," ujar Anang. 

2. Warga diminta ikut memantau

Dibongkar karena Prostitusi, Lapak Pasar Muneng Madiun Dibangun Ulang IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Penataan ulang pasar, ia melanjutkan, untuk mengembalikan fungsinya sebagai tempat-jual beli komoditas kebutuhan secara umum. Sebab, selama puluhan tahun ini diindentikkan dengan lokalisasi meski hanya sebagian lapak yang dijadikan sebagai lokasi transaksi esek-esek.

Karena itu, pihak masyarakat diharapkan ikut memantau agar pasar tidak alih fungsi. Terutama saat malam hari yang seringkali dijadikan sebagai transaksi 'esek-esek'. Selain itu, menjadi tempat istirahat para sopir truk di jalur nasional ruas Ngawi - Madiun yang membutuhkan jasa pijat. 

Baca Juga: Saat Semua Bebas, Kasus Prostitusi Online VA Akan Dijadikan Film

3. Parkir truk di depan pasar jadi perhatian

Dibongkar karena Prostitusi, Lapak Pasar Muneng Madiun Dibangun Ulang IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Kepala Dinas Perhubungan(Dishub) Kabupaten Madiun Kurnia Aminulloh mengatakan bahwa pihaknya akan lebih mengintensifkan pemantauan parkir truk di tepi jalur nasional depan Pasar Muneng. Petugas akan disiagakan di kawasan tersebut. 

"Akan kami amati untuk mengetahui akar masalahnya. Dari situ kami akan melakukan tindakan untuk mengatur parkir truk di depan Pasar Muneng," ia menjelaskan. 

Baca Juga: Lapak Penyedia Layanan Seks di Pasar Muneng Madiun Dibongkar Paksa  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya